Mohon tunggu...
Dwi Suparno
Dwi Suparno Mohon Tunggu... Administrasi - Pejuang Receh

Kuli pabri..Bisa ditemui di nfkaafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Danau Toba, Kekasih Hati yang Selalu Dirindukan

26 September 2021   21:15 Diperbarui: 26 September 2021   21:19 72 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Danau Toba, Kekasih Hati yang Selalu Dirindukan
Pesona Danau Toba.Sumber :Disini

Indonesia adalah hamparan kepulauan tropis yang sudah terkenal diseluruh dunia sebagai "kepingan surga" karena keindahan wisata alam dan keramahan warganya.

Di media sosial,begitu banyak testimoni wisatawan asing yang sudah pernah berkunjung ke berbagai tempat wisata alam di Indonesia selalu merasa rindu untuk kembali lagi ke sini.Berbekal kenyataan tersebut,Kemenparekraf yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pariwisata dan di bidang ekonomi kreatif, menggelorakan kampanye "Wonderful Indonesia" yang bermakna sebagai janji pariwisata Indonesia kepada dunia.

"Wonderful" atau "Pesona" mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala warga maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan dan tak terlupakan.Indonesia percaya bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik ketika semua orang di seluruh dunia berkesempatan menikmati "Wonderful Indonesia".

Danau Toba,Jantung Peradaban Budaya Masyarakat Batak

Siapa masyarakat Indonesia yang tidak mengenal Danau Toba.Dari murid SD sampai masyarakat umum begitu familiar dengan Danau Toba walaupun belum pernah berkunjung kesana. Di jaman digital sekarang ini,begitu banyak foto foto yang menakjubkan mengenai keindahan panorama alamnya dari berbagai sisi Danau Toba berseliweran di dunia maya di berbagai platform media sosial dan kanal berita pariwisata. Yups,danau yang jauh dari keramaian dan berlokasi di pedalaman Bukit Barisan itu memang istimewa.

Mengutip dari situs Wonderful Indonesia,Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Proses terbentuknya danau ini diperkirakan dari letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba, yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Dengan luas danau lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Uniknya di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir.

Saatnya kita mulai menyusuri berbagai "Heritage of Toba" yang akan membuat kita semakin cinta dengan budaya dan wisata Indonesia.Kita mulai dari kota Balige yang berada tepat di pesisir Danau Toba.Terdapat museum TB Silalahi,kita bisa menemukan berbagai macam artefak dan berbagai macam foto hitam-putih zaman orang Batak dulu. Sebelumnya kita akan disambut dengan upacara dan musik Batak Toba.

Pulau Sibandang  Sumber : Disini
Pulau Sibandang  Sumber : Disini

Selanjutnya dari Balige menuju ke Pulau Sibandang. Di Pulau ini masih banyak ditemui rumah rumah tradisional milik warga sekitar.Keindahan pasir pantai di pulau ini merupakan salah satu destinasi terbaik di kawasan Danau Toba.Selain itu,di pulau inilah Ulos Harungguan yang terkenal itu dibuat secara tradisional di Desa Papande.Kain ulos ini tenunan yang melekat dengan kebudayaan Batak,baik Batak Toba,Batak Karo,Batak Pakpak Dairi,Batak Simalungun maupun Batak lainnya.Disini kita juga bisa menikmati budaya Hoda-Hoda,salah satu ritual kuno masyarakat Sampuran yang di padukan dengan tarian Mossak,sejenis bela diri khas Batak. Pulau Sibandang juga dikenal dengan salah satu penghasil mangga yang manis dan lezat di sekitaran Danau Toba dan dijual ke berbagai daerah di provinsi Sumatera Utara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan