Mohon tunggu...
ZAHRATUN NISA
ZAHRATUN NISA Mohon Tunggu...

Pengajar

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Muslimah Sholehah (Penampilan Syar’i, Percaya Diri Tetap Oke)

17 Desember 2014   20:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Muslimah Sholehah (Penampilan Syar’i, Percaya Diri Tetap Oke)
1418798057709827835

Assalamu’alaikum, Muslimah!

Saya mengucapkan salam keselamatan dan kebahagiaan ini untuk perempuan yang bergelar Muslimah. Entah ia baru belajar menggunakan hijab kemarin sore atau yang sudah sejak lama. Membicarakan muslimah , tidak jauh dari yang namanya hijab. Pemakaian dan seminar tentang hijab semakin marak digaungkan, walaupun pada dasarnya hijab itu adalah kewajiban untuk muslimah yang telah disebutkan dalam Al-Qura’n beribu-ribu tahun yang lalu.

Memutuskan mengikuti aturan Tuhan tentang hijab, bukan berarti Muslimah tidak mengalami kendala; khususnya dari segi bagaimana berpenampilan yang syar’i tapi tetap percaya diri. Penampilan merupakan salah satu hal yang mempengaruhi rasa percaya diri. Penampilan yang baik membuat percaya diri. Percaya diri yang baik membuat apapun yang dikenakan terasa lebih menyenangkan.

Namun, dewasa kini bermunculan mode hijab yang jauh dari kategori syar’i. Lalu bermunculan komentar negatif “yang penting kan menutup aurat”. Alasan itu menjadikan pembenaran bahwa berhijab hanya sampai pada pemahaman yang penting menutup aurat, tepatnya menutupi kulit saja. Muslimah digamangkan pada realita hijab yang membingungkan antara trendy dan syar’i.

Apa sebenarnya yang terjadi dibalik segala pembenaran hijab trendy, saya rasa tidak lain adalah masalah sebuah rasa percaya diri. Salah satunya fenomena heboh beberapa bulan yang lalu, yaitu fenomena jilboobs. Sebuah sindiran yang digunakan untuk wanita yang menggunakan hijab tapi masih ingin berbusana seksi. Tidak boleh cacat dan penampilan dipersiapkan sedetail mungkin. Pada dunia modern sekarang tidaklah susah mengetahui atau mencari ilmu tentang hijab syar’i, fenomena di atas hanya masalah kepercayaan diri. Mereka takut dengan hijab syar’i membuat tidak kelihatan cantik lagi atau bahkan tidak lirik para lelaki.

Baik. Saya ingin berbagi bagaimana berpenampilan syar’i tapi tetap percaya diri. Saya juga masih belajar menjadi muslimah sholehah. Allah itu Maha Baik. Peraturan-Nya tentang hijab juga tentu mengandung kebaikan. Hijab itu sederhana. Allah itu tidak punya tujuan “memberatkan” muslimah-muslimah ciptaan-Nya.

***

TIDAK TABARUJ

Asal kata tabaruj diambil dari kata al-buruj yang berati bangunan benteng, istana, atau menara yang menjulang tinggi. Wanita yang bertabaruj berarti dia menampakkan tinggi-tinggi kecantikannya, sebagaimana benteng atau istana atau menara yang menjulang tinggi-tinggi [Tabaruj, Ni’mah Rasyid Ridha].

Wanita adalah perhiasan. Kalau kita perhatikan benar adanya. Dari ujung rambut sampai ujung kaki semuanya berharga, punya nilai jual dan dijadikan sebagai ladang bisnis. Berikut cara berpenampilan syar’i tapi tetap percaya diri :

1.Berhias Minimalis

Asyik gak, kalau ketemu muslimah mukanya pucat, menunjukkan kemuraman, dan serasaa tidak ada masa depan. Tapi gimana juga kalau ketemu muslimah dengan riasan berlebihan, bedak tebal 5 cm, sulam bibir, sulam alis, warna lipstik merah menyala. Hehe. Dari segi sedap dipandang tentu saja kita memilih memandang yang indah dan cantik. Tapi muslimah sholehah tujuan untuk merawat dan menghias muka bukan untuk memikat pria. Hiaslah wajah dengan riasan minimalis. Tidak terlalu standar dan tidak juga berlebihan. Agar menampilkan wajah yang ceria dan selalu bersinar.

2.Hijab

Hijab itu pelindung. Terdiri dari kerudung dan pakaian longgar yang tidak transparan serta menampilkan lekuk tubuh. Ngomong-ngomong masalah pakaian. Trend fashion di Indonesia khusunya menjadi bak jamur di musim hujan. Semua desainer berlomba-lomba menampilkan koleksi terbaik mereka. Muslimah menjadi keranjingan berburu baju. Tentu kita sadari bahwa muslimah tidak hanya ada di kota, muslimah juga berada dipedesaan. Bagaimana harusnya menyikapi serangan fashion yang begitu banyak. Muslimah sholehah harus menyadari bahwa ia tidak perlu menjadi latah mengikuti tren mode yang sedang berkembang. Seperti yang dikatakan Eleanor Roosevelt “perempuan yang berpakaian sesuai dengan dirinya, dan tidak terlalu bersikeras mengikuti mode, tampil lebih baik daripada perempuan yang menjadi budak perancang yang sedang naik daun “. Ya, muslimah tidak perlu menjadi budak mode. Islam itu sederhana. Banyak kok gamis dan kerudung yang murah tapi tetap syar’i. Atau kita bisa membuat gamis sesuai dengan apa yang cocok untuk diri kita. Beli kain, ada yang murah 1 meternya cum a Rp. 20.000, tinggal beli beberapa meter, bikin desian sendiri atau bawa ke tukang jahit. Gak perlu mahal-mahal sampai jutaan rupiah untuk tampil syar’i.

3.Rapi

Nah, sudah punya hijab syar’i. Jangan lupakan masalah kerapian. Tidak sedikit muslimah yang membiarkan jubah dan jilbabnya terjulur tidak menentu, lusuh, tak ada tanda-tanda disetrika. Muslimah juga harus peduli masalah kerapian. Usahakan untuk menyetrika pakaian. Sepengalaman saya, untuk memudahkan menyetrika saya menggunakan Kispray. Pakaian jadi lebih licin dan lembut.

4.Harum

“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pezina [HR.An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad]. Nah lho, kok ya serem amat perempuan memakai parfum dikatakan pezina. Apakah perempuan tidak boleh tampil harum. Parfum boleh digunakan seperti dalam sebuah hadits “Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak [HR. Baihaqi].

Inilah kelebihan dari Kispray, selain berfungsi sebagai pelicin dan pelembut, Kispray juga berfungsi sebagai pengharum. Bagi saya pribadi, saya sudah merasa nyaman dengan harum yang ada pada Kispray. Baunya sederhana dan tidak menyengat. Cocok digunakan untuk muslimah karena bau harum merupakan gairah semangat bagi jiwa dan lebih percaya diri untuk beraktivitas. Bahkan Kispray mengandung anti kuman yang bisa mempertahankan keharuman sampai 10 hari lebih. Tapi bukan dengan alasan sudah pakai Kispray, harumnya tahan lama, kita gak ganti gamis atau jilbab berhari-hari. Hehe.

5.Jaga Bau Badan

Kata Mba Asma Nadia “Jangan Jadi Muslimah Nyebelin”. Kamu pernah ketemu atau gak, yang pasti ada muslimah yang tidak menyadari atau tidak peduli masalah bau badan. Aroma keringat sampai menusuk hidung. Pakailah anti BB. Atau kalau gak punya uang. Bisa pakai cara tradisional, minum air daun sirih, atau pakai kapur sirih. Hehe.

Hal-hal di atas sepertinya cukup untuk membuat penampilan Muslimah Syar’i tapi tetap percaya diri. “Muslimah yang taat dan patuh kepada syariat, tidak seharusnya membiarkan dirinya tidak terawat. Ketaatan pada syariat bukan sebagai alasan pembenar untuk bersikap; masa bodoh terhadap penampilan. Islam muncul bukan berlagak sebagai pembelenggu kecantikan, namun hanya mengatur saatnya kapan ditampilkan dan kapan disembunyikan [Burhan Sodiq]”.

Dan berpenampilan syar’ijuga tidak menghalangi tetap percaya diri untuk berkarya, salah satunya artis Muslimah, Oki Setiana Dewi. Dalam bukunya “Melukis Pelangi”, sejak ia memutuskan berjilbab, ditolak bermain film hanya karena memakai hijab. Tapi Oki tetap percaya diri, tetap mempertahankan hijab sesuai yang disyariatkan. Allah membantu orang yang teguh memegang aturan-Nya, hingga kini Oki menjadi artis muslimah terkenal.

141879841074629352
141879841074629352

Sebelum mengakhiri tulisan ini saya ingin menyajikan sebuah cerita yang diambil dari kitab Masnawi- Jalaludin Rumi:

“Ada seorang muazin yang bersuara jelek di negeri kafir. Ia memanggil orang untuk sholat. Namun banyak yang menasehati untuk tidak adzan karena suaranya tidak bagus itu dikhawatirkan akan menjadikan kerusuhan dan pertengkaran antara orang Islam dan orang kafir. Tapi si muazin tetap percaya diri dan merasa bahagia dengan suaranya yang tidak bagus. Ia merasa mendapat kehormatan untuk memanggil sholat di satu negeri dimana orang-orang tak pernah sholat. Suatu hari seorang kafir datang dengan membawa jubah, lilin, dan manisan untuk jamaah kaum muslim. Dia bertanya di mana sang muazin? Tunjukkan padaku siapa dia, muazin yang suara dan teriakannya selalu menambah kebahagiaan hatiku.? “Kebahagiaan apa yang kau peroleh dari suara muazin yang jelek itu?” seorang muslim bertanya.

Orang kafir itu bercerita “ suara muazin itu menembus gereja, tempat kami tinggal. Aku memiliki seorang anak perempuan yang sangat cantik dan berakhlak mulia. Ia berkeinginan sekali untuk menikahi seorang Mukmin yang sejati. Ia mempelajari agama dan tampaknya tertarik untukmasuk Islam. Kecintaan kepada iman sudah tumbuh dalam hatinya. Sampai satu saat anak perempuanku mendengar suara adzan itu. Ia bertanya, “Apa suara yang tidak enak ini? suara ini mengganggu telingaku. Belum pernah dalam hidupku mendengar suara sejelek itu di tempat-tempat ibadat atau gereja. “saudara perempuanya menjawab, “suara itu namanya adzan, panggilan untuk beribadat bagi orang-orang Islam. “dia hampir tidak memercayainya”. Dia bertanya kepadaku, “Bapak, apakah betul suara yang jelek itu adalah suara untuk memanggil orang sembahyang?”. Ketika dia sudah diyakinkan bahwa betul suara itu adalah suara azan, wajahnya berubah pucat pasi. Dalam hatinya tersimpan kebencian terhadap Islam.

Dari cerita tersebut kita tahu bahwa azan yang dilantunkan dengan buruk dapat menghalangi orang untuk masuk Islam. Sebagai muslimah yang baik, kita harus sadar bahwa menjadi bagian dari “Agent of Islam”. Bukan tidak mungkin dengan penampilan yang buruk dan bau badan yang menyengat membuat orang non muslim tidak ingin belajar Islam. Dan bukan tidak mungkin juga ketika kita berpenampilan secara berlebihan dengan segala dandanan mewah dan pakaian mahal membuat wanita yang tadinya ingin berhijab secara sempurna mengurungkan niatnya karena merasa tidak sanggup untuk membeli pakaian serupa. Allah menyukai keindahan tapi juga tidak menyukai berlebih-lebihan.

1418799009864362630
1418799009864362630

Untuk tips penggunaan pakaian, pencucian, atau tips tampil percaya diri lainnya. Yuuk kunjungi:

Facebook: (http://www.facebook.com/KisprayID)

Twitter    : http://www.twitter.com/Kispray_ID).

KONTEN MENARIK LAINNYA
x