Mohon tunggu...
Kompasku Katulistiwa
Kompasku Katulistiwa Mohon Tunggu...

tanpa membantu orang lain hidup tak ada gunanya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Lintas Racana (Scout of Universitas)

23 Juli 2014   09:19 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:30 199 0 0 Mohon Tunggu...
Lintas Racana (Scout of Universitas)
1406056492133516159

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda, berperan untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka dalam menyelenggarakan kePramukaan. Sesuai dengan stratafikasi satuan pendidikan formal, ditemukan empat strata pendidikan, yakni ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi (Perti). Strata tersebut berhimpun dalam satuan yang dinamakan Gugus Depan.

Khusus untuk Gugus Depan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi, dimana terdapat dua golongan Ambalan dan Racana, memiliki peran sebagai tempat persemaian pembina Pramuka juga sebagai tempat pembinaan dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui Kepramukaan, agar menjadi warga negara yang berkualitas, serta mampu memberikan sumbangan yang positif pada masyarakat.

Namun pada perkembangannya, Gugus Depan Perguruan Tinggi belum maksimal menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi kepemudaan, baik dari sisi minat maupun peran. Hal ini berimbas pada kurangnya pembina Pramuka di Gugus Depan satuan dibawahnya, seperti SD, SMP dan SMA. Selain itu, peran Pramuka Perguruan Tinggi dimasyarakat juga sangat minim, hingga minat mahasiswa terhadap dunia kepramukaan menjadi jauh. Padahal dunia kampus adalah dunia dimana bidang pendidikan mereka bisa langsung diterjunkan kedalam masyarakat sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pada tanggal 9 Maret 2010, Berangkat dari keprihatinan yang sama tentang kondisi Pramuka Perguruan Tinggi, sekelompok mahasiswa dari beberapa kampus di Jakarta, berkumpul untuk menyatukan visi dan misi untuk memajukan kepramukaan khususnya di Perguruan Tinggi. Dari situ mereka memiliki kesepakatan untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap Gerakan Pramuka dan meningkatkan peran Pramuka Perguruan Tinggi terhadap Masyarakat. Lalu berdirilah forum yang dinamakan dengan Lintas Racana.

Seiring waktu berjalan, Lintas Racana ternyata efektif menarik minat mahasiswa untuk ikut terjun kedalam dunia Pramuka. Selanjutnya mereka diberikan pembinaan dan pengetahuan tentang tekhnis dasar Kepramukaan di Gugus Depan terdekat, salah satunya di Gugus depan Candra Kirana 09.045 dan 09.046 Js yang berpangkalan di SMP N 175 Jakarta. Keuntungan Program pembinaan ini juga dirasakan oleh Gugus Depan disekitarnya, beberapa anggota yang dirasa sudah cukup mampu, diterjunkan untuk membantu membina dipangkalan Gugus Depan SD, SMP dan SMA. Dengan begitu kekurangan pembina Pramuka dapat diminimalisir, meski dalam lingkup wilayah yang kecil.

Selain itu, untuk menarik minat mahasiswa lebih banyak lagi, Lintas Racana juga melaksanakan kegiatan - kegiatan yang disesuaikan dengan jiwa muda, yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan seperti, Seminar, diskusi, pendakian, study tour, Photografi, penulisan, Outbond dan lain sebagainya.

Bukan hanya terjun membantu membina satuan Gugus Depan, atau sibuk dengan kegiatan mudanya, Lintas Racana juga mengadakan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan Masyarakat seperti kegiatan keagamaan, penyuluhan kesehatan, membantu korban banjir, penanaman pohon, kursus-kursus pendidikan dan lain-lain. Dengan begitu peran anggota Pramuka Perguruan Tinggi semakin meningkat dan dapat berguna bagi masyarakat  sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan dan diikuti oleh anggota Lintas Racana

Pertemuan Pramuka Perguruan Tinggi tahun Universitas   Jawa Timur

Pertemuan Pramuka Perguruan Tinggi Tahun

Pertemuan Pramuka Perguruan Tinggi Tahun

Pertemuan Pramuka Perguruan tinggi Tahun

Pertemuan Pramuka Perguruan Tinggi Tahun

Kursus Mahir Dasa di berbagai tempat

Pelantikan Satuan Karya Pramuka

Famyily gathring 2 kali setahun

Seminar eunterpreunership di STAINI Parung Bogor

Stand Up Comedy

Out Bond

Relawan Posko Banjir bersama BNPB

Penyuluhan Kesehatan di Depok dalam rangka menyikapi penyakit Cikhungunya

Bakti Sosial di Sawangan Kota Depok

Pertemuan dengan anggota DPR RI komisi X membahas tentang BOT TRW

Kegiatan Ramadhan

Santunan kepada anak yatim

dan masih banyak kegiatan yg semakin hari semakin berkembang dan kreatif,itu semua tidak lepas dari peran semua anggota utk tetap aktif memajukan pramuka tercinta ini..

siapapun bisa bergabung dengan lintas racana entah yang aktif di pramuka maupun yg tidak mengenal pramuka itupun sendiri karena pramuka itu tdk hanya seragamnya tetapi yang lebih penting itu adalah menanamkan Dasa Dharam dan Tri satya di dalam jiwa generasi muda..

mari berjabat tanggan utk memajukan generasi muda yg lebih baik dari sekarang lewat Pramuka..

SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN

@LINTAS RACANA

14060561151250924976
14060561151250924976
1406056219126818672
1406056219126818672

VIDEO PILIHAN