GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Editor

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

5 Cara Hindari 'Sunburn' yang Wajib Dicoba

13 Oktober 2017   14:26 Diperbarui: 13 Oktober 2017   14:33 511 0 0
5 Cara Hindari 'Sunburn' yang Wajib Dicoba
source: https://www.dermalinstitute.com

GoDok -- Banyaknya aktivitas di luar ruangan mau tidak mau akan berakibat kulit terbakar terpapar sinar matahari yang cukup lama. Hati-hati, lho! Hal ini bisa menyebabkan kulit Anda bereaksi terhadap paparan itu, dengan menjadi berwarna kemerahan, terasa terbakar, hingga perih. Apabila gejala ini sudah Anda alami, maka dapat dikatakan kita mengalami sunburn (kulit terasa terbakar). Penyebab terjadinya sunburn adalah sinar uv yang menembus langsung pada sel kulit kita. Lalu, adakah cara hindari sunburn? Namun, kita tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini Go Dok akan membahas 5 cara hindari sunburn. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya  berikut ini!

1. Makanan tinggiastaxanthin

Jarang mendengar istilah ini, ya? Astaxanthinmerupakan antioksidan yang dapat di temukan pada beberapa hewan air, seperti ikan salmon dan udang. Makanan yang berwarna merah/pink merupakan ciri utama bahwa makanan tersebut kaya akan antioksidan. Menurut penelitian J Dermato Sci 2010,astaxanthinmemproteksi kulit secara alami dari paparan sinar UV. Jika Anda mengalami sunburn, kandungan astaxanthinakan masuk ke dalam sel kulit Anda guna mengurangi kerusakan akibat sinar UV.

2. Madu

Madu merupakan makanan yang telah terbukti memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi kerusakan(peradangan) kulit. Madu juga merupakan pelindung kulit alami yang saat ini banyak digunakan dan dikembangkan sebagai terapi alami pada sunburn. Pengolesan madu pada tempat yang terbakar akibat paparan sinar UV terbukti membuat kulit berangsur-angsur pulih bahkan kulit yang terbakar kembali ke kondisi yang sehat. Hebat, bukan?

3. Air mineral

Siapa sihyang tidak tahu dengan yang satu ini? Tentunya air mineral bukan barang asing lagi bagi kita. Karena itulah air mineral secara langsung merupakan kebutuhan sehari-hari Anda yang tidak boleh diremehkan. Mengapa? Sebab, suatu penelitian di Amerika Serikat menunjukan bahwa orang yang cukup air memiliki perbaikan sel-sel kulit yang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak cukup mengonsumsi air mineral. Jadi, yuk penuhi kebutuhan air Anda setiap hari!

4. Vitamin D

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin D merupakan suatu unsur yang cukup dibutuhkan oleh tubuh kita. Walaupun demikian, vitamin ini umumnya diproduksi  sendiri oleh tubuh kita. Cara yang terbaik untuk mendapatkannya adalah melalui paparan sinar matahari. Berjemur kurang lebih 15 menit setiap harinya maka Anda akan mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berjemur setiap hari, maka kulit Anda akan terproteksi dari paparan sinar UV yang lama. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin D untuk mendapatkan kebutuhan proteksi kulit Anda.

5. Minyak kelapa (coconut oil)

Jarang yang tahu bahwa minyak kelapa juga memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit, dan bahkan membuat kulit Anda lebih cerah. Sama seperti minyak lain, minyak kelapa akan menghidrasi kulit sehingga kulit akan menjadi lembab dan terproteksi dari sinar UV. Kelebihan minyak kelapa lainnya? Minyak ini merupakan produk alami yang juga kerap digunakan sebagai produk kecantikan sehari-hari. Jadi, kulit cantik alami bukan tidak mungkin dengan minyak kelapa!

Itu tadi 5 cara hindari sunburn.  Semoga bermanfaat!