Mohon tunggu...
GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Mohon Tunggu...

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bahan Pangan Kaya Protein Selain Telur

30 Agustus 2017   11:12 Diperbarui: 30 Agustus 2017   11:15 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bahan Pangan Kaya Protein Selain Telur
source: http://expatwomanfood.com

GoDok --  Telur sebagai panganan yang kaya akan sumber protein banya diminati oleh sebagian orang. Tidak hanya enak namun harganyapun murah. Akan tetapi, ternyata tak semua orang bisa dengan santai mengonsumsi telur. Ada beberapa yang menderita alergi terhadap menu sehat yang satu ini. Namun, tak usah khawatir! Sebab, Anda bisa pula mendapatkan kandungan protein hewani yang setara dengan mengonsumsi telur, dengan beralih pada sumber protein lainnya. 

 1.Dada ayam (daging putih)

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang pertama adalah daging pada bagian dada ayam. Makanan sehat yang satu ini memiliki kadar protein sebanyak 53 gram, dan kalori sebesar 284 kalori. Wah, meyakinkan sekali!

2. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond, mete, dan pistachio ternyata mengandung asupan protein yang cukup tinggi. Tak heran, jika bahan pangan kaya protein ini dapat menggantikan kandungan protein yang didapatkan ketika Anda mengonsumsi telur. Dengan mengonsumsi 28 gram kacang mete saja, Anda sudah mendapatkan 6 gram protein. Tak hanya protein, kacang-kacangan juga kaya akan mangan, serat dan vitamin E. Hebat, bukan?

3. Ikan segar

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang ketiga adalah ikan segar, baik ikan laut maupun air tawar. Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, dan beberapa ikan justru juga memiliki kadar lemak yang rendah. Memang, ikan favorit seperti salmon dan tuna mengandung lemak yang cukup tinggi, namun ini adalah kandungan lemak baik yang kaya omega 3, sehingga Anda tak perlu khawatir.

4. Daging merah (sapi, kambing, domba)

Tentu Anda tahu bahwa daging hewan seperti sapi, domba, dan kambing merupakan salah satu bahan pangan kaya protein. Tak hanya itu, daging merah juga mengandung vitamin B12 dan zat besi heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda. Karenanya, selain bagus untuk sumber protein, daging merah juga bagus untuk mencukupi kadar zat besi di dalam tubuh, sehingga dapat pula mencegah anemia.

5. Susu

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang selanjutnya adalah susu sapi, yang telah dikenal luas kandungan gizinya. Harus Anda tahu, bahwa secangkir susu dengan kadar lemak 1% memiliki 8 gram protein dan 103 kalori di dalam kandungannya. Tak hanya itu, susu yang kaya kalsium, vitamin B2, dan fosfor juga bagus untuk kesehatan tulang dan perkembangan tubuh Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x