Mohon tunggu...
Nevy Iruntyasari
Nevy Iruntyasari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Demi Wujudkan Masyarakat Peduli Sehat, Tim Pengabdian UM Berdayakan Masyarakat Desa Ngenep Melalui Penanaman Toga

17 Oktober 2021   17:28 Diperbarui: 23 November 2021   15:14 112 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto 1. Kegiatan Pembukaan oleh Tim Pengabdian UM dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ngenep/dokpri

Karangploso, Malang – Walaupun saat ini masih pandemi covid-19 Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Negeri Malang (UM) tetap mengadakan kegiatan Abdimas sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Abdimas ini dilakukan pada Kamis, 14 Oktober 2021. Pelaksanaannya bertempat di Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Malang. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah UM, yakni  Dr. Siti Mas’ula, M. Pd, Dr. Erif Ahdhianto, S.Pd., M. Pd, dan Dr. M. Anas Thohir, M. Pd dengan menghadirkan narasumber dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang yaitu Ibu Wiwin Yuliari, SP.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Abdimas UM mengusung tema yakni “Pemberdayaan masyarakat peduli sehat melalui penanaman TOGA”. Adapun tujuan dari kegiatan Abdimas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat desa Ngenep Karangploso dalam pengelolaan kebun TOGA mulai dari tahap penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik hingga cara pemanenan dan pembuatan sediaan obat herbal yang berkualitas. Kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat Desa Ngenep, terbukti dengan respon positif dan dukungan dari Ibu Hj. Isna Idawati selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ngenep/ Pembina KRPL PKK Desa Ngenep. Saat pembukaan, beliau menyampaikan akan bersinergi menggerakkan seluruh warganya giat menanam TOGA dengan mengawali dengan pendirian rumah bibit yang ada di dusun Curah Kembang. Kegiatan ini dihadiri ibu-ibu dari pengurus KRPL PKK desa Ngenep, seluruh pengurus Tim Penggerak PKK desa Ngenep mulai dari tingkat desa sampai dusun.

Foto 2. Penyampaian Materi TOGA oleh Ibu Wiwin Yulairi, SP/dokpri
Foto 2. Penyampaian Materi TOGA oleh Ibu Wiwin Yulairi, SP/dokpri

Kegiatan Abdimas diawali dengan penyampaian materi mengenai TOGA yang disampaikan oleh Ibu Wiwin Yuliari, SP selaku Penyuluh Kehutanan Muda Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang. Beliau memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Ngenep mengenai apa itu TOGA, jenis-jenis tanaman yang tergolong TOGA, hingga bagaimana cara menanam TOGA yang benar.

Foto 3. Warga Menyimak Materi tentang TOGA/dokpri
Foto 3. Warga Menyimak Materi tentang TOGA/dokpri

Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi warga Desa Ngenep, terutama mengenai pengetahuan tentang TOGA. Warga Desa dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dari kegiatan ini, sehingga masyarakat yang peduli sehat dapat diwujudkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan