Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya. Email: nev.sihombing@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Shark, The Beginning": Tekad Kuat Menghancurkan Batas Diri

29 Oktober 2021   00:45 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:47 212 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Seberapa kuat kita bertahan dalam keadaan yang tidak mengenakkan dan merugikan diri sendiri? Seberapa lama bertahan? Apa batasnya?

Shark, The Beginning berkisah tentang orang-orang lemah yang bertekad menjadi kuat.  Juga tentang orang-orang yang dengan kemampuan bela diri namun digunakan untuk menyakiti, melukai sampai digunakan untuk melumpuhkan dan membunuh. 

Jung Do Hyun (Wi Ha Jun), adalah seorang juara bela diri muda. Sesampainya ke rumah dari salah satu pertandingan, Do Hyun mendapati ibu dan adik perempuannya, Jung Won Young, terbunuh secara mengenaskan. Kemarahannya menggelegak ketika 3 orang perampok bersenjata yang saat itu masih di rumahnya mencoba melumpuhkannya. Tanpa ampun, Do Hyun menghajar mereka hingga para perampok tersebut mati. Setelah 2 tahun di penjara, Do Hyun mencoba mengajukan banding ke Mahkamah Agung. 

Cha Woo Sol (Kim Min Seok) adalah siswa SMA biasa yang pindah dari sekolah sebelumnya demi menjauh dari Baek Seok Chan (Jung Won Chang), seorang juara tinju nasional yang gemar memukul, melakukan kekerasan dan merundung teman sekolahnya. 

Namun, Baek Seok Chan malah ikut pindah ke sekolah Woo Sol yang baru.  Di hari kepindahannya, Baek sudah memukul beberapa teman sekelasnya, juga Woo Sol; dan memprovokasi Woo Sol untuk menusuk mata kanannya. Woo Sol berakhir di penjara. 

Namun, teror tidak berhenti. Di penjara, Woo Sol menjadi bahan perundungan narapidana lain; sedangkan di luar penjara, Seok Chan menunggu hari ketika Woo Sol dibebaskan dari penjara untuk melakukan balas dendam.

Menghancurkan Batas Diri
Dalam kendaraan menuju penjara, Woo Sol sebangku dengan Do Hyun. Dengan statusnya juara dunia bela diri, tidak ada satupun narapidana mendekatinya, baik untuk berteman ataupun menjajaki kekuatan. Sementara, Woo Sol menjadi bulan-bulanan empuk kelompok lain yang lebih kuat. Kedatangan Seok Chan mengunjungi Woo Sol ke penjara menjadi mimpi buruk yang membayangi Woo Sol. 

Kekerasan selama bertahun-tahun yang dialami di sekolah, penindasan dan penghinaan yang diterima, membuat Woo Sol memberanikan diri untuk dilatih oleh Do Hyun. Woo Sol menyanggupi lari keliling lapangan sebanyak 100 kali selama 40 menit yang diajukan Do Hyun. Jelas sangat berat! Namun, kegigihannya membuatnya bertahan sampai di putaran 70an sebelum akhirnya pingsan dengan bibir membiru. 

Menghancurkan batas diri dimulai dengan melakukan bukan dengan mencoba! Maka, Woo Sol, dibawah bimbingan Do Hyun, mulai latihan fisik setahap demi setahap. 

Selama berjam-jam, Woo Sol dilatih melakukan pull-up, push-up dengan benar dan melakukan latihan fisik lain dengan peralatan yang sangat sederhana. Selama berjam-jam, Do Hyun mengajarkan teknik bertinju dan menjadi partner latihan tinju Woo Sol.   

Do Hyun mengajarkan prinsip hidup ikan hiu pada Woo Sol, yang terus bergerak jika ingin tetap hidup. Setelah Do Hyun keluar dari penjara remaja menuju penjara dewasa, Woo Sol berjuang menjalin pertemanan dengan narapidana lain. Sementara di luar penjara, Seok Chan sudah menjadi petarung yang sangat hebat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan