Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya. Email: nev.sihombing@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

The Veil, Ke Manakah Perginya Ingatan selama Setahun?

20 September 2021   22:36 Diperbarui: 22 September 2021   13:24 83 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
The Veil, Ke Manakah Perginya Ingatan selama Setahun?
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

The Veil berkisah tentang kembalinya seorang agen elit badan intelijen biro luar negeri dari koma demi menemukan pengkhianat dalam institusi BIN yang menghancurkan reputasi terbaiknya. 

Han Ji Hyuk (Nam Goong Min) adalah seorang agen lapangan terbaik yang diduga telah tewas dalam misi terakhir. Akan tetapi, agen hitam BIN justru ini ditemukan di sebuah kapal terapung di Pantai Barat diantara mayat-mayat bergelimpangan penuh luka dan genangan darah. 

Setahun sebelumnya, dalam misi ke Tiongkok, Ji Hyuk bersama 2 orang partnernya sudah mengintai sindikat narkoba terorganisir selama 10 bulan. 

Namun, suatu malam mereka bertiga terperangkap dalam baku tembak yang menewaskan 2 partnernya. Sedangkan Ji Hyuk mengalami koma. Ketika akhirnya Ji Hyuk kembali dari koma, ingatannya selama setahun sebelumnya tidak ada lagi di sana. 

Jin Hyuk mendapati bahwa ingatan yang hilang itu dilakukannya sendiri secara sadar. Sebelum Jin Hyuk melakukannya, dia meninggalkan pesan untuk dirinya sendiri pada sebuah rekaman yang disimpan di sebuah loker

Dengan ingatan yang hilang selama setahun ke belakang, Ji Hyuk berjuang mencari tahu siapa di balik kematian 2 partnernya, pengkhianat dalam biro dan gagalnya misi mereka di Tiongkok. Kemanakah perginya ingatan yang menghilang selama setahun? 

Sekalipun ingatan Ji Hyuk hilang, namun kemampuan dan kecakapannya sebagai agen lapangan terbaik tidak luntur sedikitpun. Demi keselamatannya, seorang mentornya menarik Ji Hyuk untuk bekerja di kantor dan gerak-geriknya akan selalu diawasi oleh agen-agen BIN yang lain. 

Ada beberapa hal menarik yang bermunculan di sepanjang 2 episode awal drama ini. Hal-hal menarik yang muncul pada drama The Veil antara lain:
1. Pekerja dengan kursi roda (diffable worker). Sesekali, muncul juga tokoh dalam drama Korea, tokoh yang berperan sebagai pribadi yang cacat atau menderita secara fisik, mental maupun emosi. Pada drama The Veil ini, salah satu pekerja di BIN adalah seorang yang menggunakan kursi roda. 

Terasa sangat menggugah jika isu sosial tentang daya serap pekerja difabel dalam dunia kerja dimunculkan dengan baik dalam drama. Tentu saja berharap di waktu mendatang, daya serap mengakomodir para pekerja difabel yang lain.
Pertanyaannya, seberapa serius isu ini menggugah rasa peduli kita terhadap serapan difabel di dunia kerja?

2. Filter tipis sensor pada adegan kekerasan dan penuh darah. Di menit-menit awal episode 1, tampak satu tubuh ditenggelamkan setelah dilakukan operasi illegal terhadap tubuhnya. Luka memanjang terlihat di bagian depan badannya seperti operasi pengambilan organ dalam tubuh. 

Tampak sekali filter sensor sangat tipis sehingga tidak melakukan pemotongan terhadap adegan-adegan awal yang sangat mengerikan dan penuh kengerian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan