Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

5 Alasan Drama "Law School" Menarik dan Mendebarkan

18 April 2021   15:59 Diperbarui: 18 April 2021   16:21 144 4 1 Mohon Tunggu...

Salah satu penulis favoritku spesialis hukum sejak jaman putih abu-abu dulu adalah John Grisham. Penggemar John Grisham, lambaikan senyumnya.. :) Blio memiliki latar belakang sebagai pengacara. Kisah yang dituliskan selalu berpusat tentang pengadilan, advokat, pengacara, kuasa hukum; tentang hukum dan keadilan. 

John Grisham pernah menjadi bagian dari hal-hal tersebut dan terlibat di sana. Pengalaman dan riset membuat karyanya selalu ditunggu-tunggu. Buku-buku karya John Grisham sanggup membuat aku marathon baca selama 4-5 jam per hari. Kadang, sulit berhenti kalau bukunya belum rampung baca karena alur ceritanya menarik dan mendebarkan. :) 

Drama Law School ini juga menunjukkan hal yang sama. Menarik dan mendebarkan. Seperti membaca salah satu buku John Grisham dalam versi visual dan bergerak. 

Aku sedang menyusun draft tulisan untuk review episode-episode awal drama Law School ini ketika menyadari 5 hal berikut adalah alasan drama ini menarik dan mendebarkan. Hal-hal tersebut, antara lain: 

1. Aktor dan aktris veteran
Jajaran aktor dan aktris veteran yang ikut terlibat dalam drama ini dengan peran pendukung sungguh bisa bikin tersenyum. Jaminan, pokoknya! Bahkan sekelas pemenang Piala Cannes pun ikut serta. 

Lee Jung Eun (Parasite, When the Camellia Blooms, The Light in Your Eyes, Okja), Gil Hae Yeon (Beyond Evil, Something in the Rain, One Spring Night), Woo Hyun (My ID Gangnam Beauty, Tunnel, Healer, Tale of the Nine Tailed), Ahn Nae Sang (The Moon That embraces the Sun, Squad 38, Ms. Hammurabi, Lawless lawyer). 

Ada beberapa aktor yang belum ketemu namanya. Namun, wajahnya terasa akrab di mata. :) Salah satunya berperan di Something in the Rain, berperan sebagai ayah Jin Ah. Pemeran anggota dewan Ko pun namanya belum ketemu. Pemeran  Lee Man Ho, seorang pemerkosa dan saksi mata tabrak lari pun, salah satu actor veteran, yang namanya belum ketemu! 


2. Real Cases
Kasus yang menjadi materi belajar adalah kasus-kasus hangat yang menjadi perdebatan diantara praktisi hukum. Kasus-kasus menggemparkan yang dikawal oleh reporter, jurnalis dan wartawan sampai pelakunya mendapatkan vonis baik bersalah maupun bebas dari pengadilan. 

Dosen-dosen pengajarnya adalah orang-orang yang pernah terlibat sebagai jaksa maupun hakim. Sehingga mereka sungguh sangat memahami bagaimana argumen-argumen terbentuk di ruang sidang. 


3. Pemain Tengah
Ada tokoh sentral yang bukanlah tokoh utama yang berada di antara lingkaran dosen, mahasiswa dan orang luar. Pemain tengah! Seseorang yang mengenal dengan baik pengacara, para dosen hukum dan mahasiswanya. Bapak tersebut adalah seorang penjaga ruang fotokopi di Fakultas Hukum ini. 

Bapak ini mengenal para dosen bahkan ketika para dosen ini masih menjabat hakim, jaksa maupun pengacara; memfotokopikan soal dari prof Yang ketika beliau ditahan; memberikan pekerjaan paruh waktu pada mahasiswa yang membutuhkan; bahkan bisa mengancam seorang pengacara umum jika tidak bersedia mendampingi prof Yang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x