Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mengelola Aktivitas Anak dengan Energi Ekstra

11 April 2021   15:45 Diperbarui: 15 April 2021   22:43 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengelola Aktivitas Anak dengan Energi Ekstra
Penghapus mungil. Dokpri.

Keponakanku, Naomi datang ke kota kami beberapa hari yang lalu. Tentu saja kami sangat bersukacita dengan kedatangannya. Namun, segera saja kami menyadari betapa mudahnya kami kelelahan dan kewalahan.

Kami mengetahui, betapa aktifnya keponakan kami berumur 8 tahun ini. Tidak cukup banyak energi dan tenaga kami untuk mengimbangi semua hal yang ingin dilakukannya. 

Sedari kecil, Naomi mulai dilibatkan untuk kegiatan rumah seperti mengambil jemuran dan mencuci piring. Alarm pada telepon pintarnya berbunyi setiap pkl13:30, waktunya Naomi menyapu rumah. Setiap kali emaknya membuat camilan, Naomi membantu hal-hal yang bisa dikerjakan dengan tangannya yang mungil itu namun tekad yang sangat besar.. 😁 Bahkan, emaknya mulai mengajarinya cara membuat donat dan gorengan tepung sederhana. 😄

Barang yang Naomi bawa untuk mendukung aktivitas mainnya pun lumayan banyak. Pensil warna terbuat dari kayu sebanyak 48 buah, spidol connection 24 warna dan 3 bungkus kertas origami bermotif memenuhi tas mungilnya.

Kala usianya 4 tahun, Naomi membawa serta bonekanya sebanyak 1 tas. Hahaha.. Emaknya misuh-misuh.

Apa saja ingin dilakukan. Bermain, mewarnai, membongkar tempat pensilnya yang lebih banyak penghapus, membariskan pen connection, menyusun barang-barang miliknya di atas meja, membuat burung bangau dan hati menggunakan kertas origami.

***

Mengelola Energi Naomi

Untuk menolong Naomi mengelola energinya, aku membuat rencana kegiatan yang akan kuhabiskan bersamanya; yaitu 30 menit belajar di siang hari; 1 jam belajar di malam hari dan olahraga di sore hari. Setelah beberapa hari, Naomi hanya paling menunjukkan semamgat pada kegiatan terakhir. Hahahaha..

Dan, setiap kegiatan ada aturan main yang harus Naomi tahu. Salah satu yang paling utama adalah aman bermain. Artinya, Naomi tidak boleh menggunakan benda-benda dan atau melakukan sesuatu yang berkemungkinan membuatnya dan atau temannya bermain terluka dan atau terjatuh. 

Maka, hal-hal berikut merupakan cara mengelola energi berlebih yang dimiliki anak-anak, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x