Mohon tunggu...
Neulis Fitria
Neulis Fitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Saya sangat senang berbagi apa yang sudah saya ketahui kepada orang lain hingga menjadi sangat bermanfaat khususnya dalam dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Pendidikan Karakter Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas

18 Agustus 2022   15:00 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:04 103 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia, Neulis fitria yang melaksanakan kegiatan pengabdian di lingkungan SMPN 36 Bandung Jl. Caringin, Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung yang dimana kegiatan ini didampingi oleh ibu Vini Agustiani Hadian, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan dengan program Kamis Kreasi Literasi Siswa SMPN 36 Bandung.

KKN adalah kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam konteks pemberdayaan masyarakat.

 Program KKN ini berlandaskan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 20 Ayat 2, yaitu: Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu: (1) Desa tanpa kemiskinan; (2) Desa tanpa kelaparan; (3) Desa sehat dan sejahtera; 

(4) Pendidikan desa berkualitas; (5) Desa berkesetaraan gender; (6) Desa layak air bersih dan sanitasi; (7) Desa yang berenergi bersih dan terbarukan; (8) Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa; (9) Inovasi dan infrastruktur desa; (10) Desa tanpa kesenjangan; 

(11) Kawasan pemukiman desa berkelanjutan; (12) Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan; (13) Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa; (14) Ekosistem laut desa; (15) Ekosistem daratan desa; (16) Desa damai dan berkeadilan; (17) Kemitraan untuk pembangunan desa; (18) Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Pihak LPPM UPI, Kelompok 47 mendapatkan tema SDG'S Desa pendidikan desa berkualitas yang dilaksanakan di Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat. Kelompok 47-5 bertugas di SMP Negeri 36 Bandung "Kegiatan Kamis Kreasi Literasi siswa SMP Negeri 36 Bandung untuk Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas".

Dokpri
Dokpri

Dalam membentuk generasi yang berkualitas, terdapat peran besar orang tua dan dukungan penuh dari lingkungan. Kedua peran tesebut menjadi poin penting dalam peningkatan kreativitas dan kualitas sang anak. Mendampingi setiap tumbuh kembang anak, kemudian membimbing kepada sesuatu yang dia sukai menjadi tanggung jawab bersama dalam pembentukan generasi yang berkualitas. 

Generasi muda berkualitas ada beberapa kriteria. Yang pertama, generasi muda yang berakhlak mulia. Yakni memiliki bekal ilmu keagamaan yang kuat, senang menolong orang yang lemah, selalu jujur dalam bertindak dan bangga terhadap bangsanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan