Mohon tunggu...
Cerita Pemilih

Untuk Apa Kuliah Komunikasi di FISIP UAJY?

26 Oktober 2017   09:38 Diperbarui: 26 Oktober 2017   09:51 1682
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

 Saya sering mendengar pertanyaan tersebut, dan saya akan mencoba menjawab sesuai dengan apa yang saya rasakan berdasarkan pengalaman selama menjalani lima semester. Pada awalnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UAJY hanya sebagai cadangan apabila saya tidak dterima di universitas negeri yang saya mau melalui SBMPTN. Ternyata, takdir menuntun saya untuk berkembang dan berproses di FISIP UAJY. Apakah menyesal ? Tentu tidak. Ternyata berkuliah di tempat ini menyenangkan, dan tidak seperti yang saya bayangkan karena saya memiliki banyak pengalaman baru.

Sejak diberlakukannya kurikulum baru, program studi (prodi) ilmu komunikasi di FISIP UAJY yang semula ada empat, kini terbagi menjadi dua. Komunikasi Strategis dan Komunikasi Media Massa dan Digital sebutannya. Komunikasi Strategis merupakan penggabungan dari konsentrasi Public Relation dan Advertising, lalu Komunikasi Media Massa dan Digital adalah gabungan dari konsentrasi Jurnalistik dan Kajian Media.

Sering saya dengar orang yang berkata : "Mereka (anak komunikasi UAJY) itu ngapain coba ? Bisanya dandan sama gaya-gaya doang ke kampus". Saya seringkali hanya tertawa, karena sesungguhnya tugas yang kami hadapi juga sama beratnya dengan jurusan lain. Di konsentrasi Komunikasi Media Massa dan Digital yang saya tekuni, banyak tugas yang menuntut saya untuk mengorbankan waktu istirahat seperti liputan ke lapangan, membuat tayangan berita untuk televisi, menulis berita untuk format media cetak dan online, mencoba membuat layoutkoran plus majalah, dan membuat paperanalisis kasus yang berkaitan dengan fenomena sosial politik di masyarakat. Kata revisi juga tidak asing bagi kami, apabila tugas yang kami kerjakan menurut dosen masih harus dilengkapi Bayangan anak komunikasi UAJY yang hanya berleha-leha, tentu tidak sepenuhnya benar karena kami juga berjuang sama kerasnya dengan teman-teman di jurusan yang lain.

Menurut saya, FISIP UAJY juga memberikan banyak wadah untuk berkembang, seperti adanya Kelompok Profesi dan Kelompok Studi (KPKS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), FISIP Atma Jaya Television (FIAT) dan Atma Jaya Radio (AJR) yang bisa menunjang kegiatan perkuliahan. Melalui wadah-wadah ini, mahasiswa bisa mendapatkan koneksi yang lebih luas, ilmu baru yang bermanfaat, dan bisa menorehkan serangkaian prestasi seperti Juara 1 dalam Call for Research Competition 2017 yang diraih oleh Angela Shinta, Yosepha Debrina, dan Lourentia Sekar. Lalu, juara 2 dan 3 dalam Lomba Siar Nasional RAPMA FM Solo pada 14 Oktober 2017, dan selain itu kesempatan untuk student exchangeke beberapa negara juga terbuka karena kerjasama yang dimiliki oleh kampus.

Jadi, saya sama sekali TIDAK MENYESAL untuk kuliah komunikasi di FISIP UAJY, dan saya bangga bisa menjadi bagian dari institusi ini. Apa yang kami lakukan dan kerjakan, sesungguhnya sama beratnya dengan jurusan lain, hanya saja bidangnya berbeda. FISIP UAJY mengajarkan saya tentang kerja keras dan menjadikan saya pribadi yang lebih tahan banting dan peka terhadap apa yang terjadi. Sekian, salam mahasiswa ! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun