Mohon tunggu...
Nerissa Arviana
Nerissa Arviana Mohon Tunggu... mahasiswa

seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk lulus

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meninjau Lebih Lanjut Mengenai Sumber Konflik di Tempat Kerja

13 Juni 2021   11:40 Diperbarui: 13 Juni 2021   12:06 32 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meninjau Lebih Lanjut Mengenai Sumber Konflik di Tempat Kerja
choive.space

Konflik menurut Ariyono Suyono adalah merupakan proses atau suatu keadaan dimana kedua belah pihak berusaha menggagalkan tercapainya tujuan masing-masing yang disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai ataupun tuntutan dari masing-masing pihak. Bagian dari kesulitan bagi manajer dan karyawan adalah konflik yang hampir tak terelakkan antara peran dan tujuan yang berbeda dalam proses perencanaan dan peninjauan kinerja. Tidak semua konflik ini dapat diselesaikan atau dihilangkan, tetapi dengan mengetahuinya dapat membantu. Konflik pertama muncul dari kenyataan bahwa organisasi dan karyawannya memiliki tujuan yang berbeda, yaitu karyawan mencari kepastian, penguatan, dan mereka berharap, penghargaan tambahan, sementara organisasi ingin mereka menerima kritik konstruktif untuk meningkatkan kinerja mereka. 

Tetapi apakah mungkin orang akan terbuka dan jujur tentang kelemahan keterampilan dan penurunan kinerja mereka jika mereka pikir ini akan membahayakan peluang mereka untuk mendapatkan promosi atau kenaikan gaji? Demikian pula, hanya sedikit dari kita yang merasa mudah untuk benar-benar terbuka dan jujur kecuali kita memiliki hubungan yang kuat dan bersahabat dengan manajer kita.

Sumber konflik utama kedua adalah peran berbeda yang diharapkan dimainkan oleh manajer, bergantung pada tujuan tinjauan kinerja, sebagai hakim dan penolong. Kebanyakan manajer merasa sulit untuk memainkan kedua peran ini secara kredibel pada saat yang bersamaan. Hal ini memperkuat argumen bahwa sistem manajemen kinerja harus dibatasi pada hal-hal yang terkait dengan kinerja dan tidak diperluas ke remunerasi, pelatihan, pengembangan karir dan bidang manajemen sumber daya manusia lainnya. Beberapa organisasi mengatasi masalah ini dengan memiliki sistem terpisah untuk tinjauan kinerja dan pengembangan pribadi, atau dengan mengadakan wawancara kinerja dan pengembangan terpisah pada waktu yang berbeda.

Sumber utama konflik mungkin adalah fakta sederhana bahwa organisasi tidak yakin tentang tujuan sistem perencanaan dan peninjauan kinerjanya, dan ketidakjelasan ini berlanjut hingga jajaran manajer dan karyawannya.

VIDEO PILIHAN