Media

Cara Membuat Makalah dengan Benar

25 Februari 2016   10:23 Diperbarui: 25 Februari 2016   11:10 16 1 0

Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi pasti sering kali mendapatkan tugas untuk membuat makalah. Sedangka banyak sekali susunan atau kerangka makalah yang beredar di masyarakat masih kurang sempurna atau bahkan salah.

Jika kita ingin menyusun sebuah makalah yang baik dan benar, ada sebuah susunan standar dengan elemen-elemennya yang harus di taati. Walaupun saat kita masih duduk di bangku sd ataupun smp kesalah seperti itu masih di tolerir oleh guru kita, namun tidak bagi dosen di perguruan tinggi. Saat anda duduk di perguruan tinggi, anda di tuntut untuk membuat makalah dengan susunan yang sempurna. Baik dari urutan kerangka pembahasan, format halaman, bahasa, format gambar, format table dan masih banyak lagi aturan baku yang wajib di taati jika ingin membuat karya ilmiah yang baik dan benar.

Maka dari itu sering muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar?

Kami menyusun artikel disini untuk memudahkan para pembaca sekalian agar bisa memahami bagaimana cara menyusun sebuah makalah yang baik dan juga benar sesuai dengan pengaturan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber acuan anda dalam membuat makalah yang baik.

Definisi makalah

Menurut KBBI. Makalah di artikan menjadi dua arti, yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua makalah didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

KATEGORI MAKALAH

Makalah di kategorikan menjadi 3 jenis yaitu.

1.      Makalah Deduktif : makalah yang bedasarkan dengan teori yang relevan dengan kajian yang sedang di bahas.

2.      Makalah Induktif : maklaah yang di tulis berdasarkan data data empiris yang bersifat objektif berdasarkan dengan apa yang didapat dari lapangan tetapi tetap relevan dengan tema pembahasan.

3.      Makalah Campuran : makalah yang disusun atas dasar kajian teoritis dan data empiris. Yang berarti makalah jenis ini adalah gabungan dari dua tipe jenis makalah di atas.

Langsung saja kita akan membahas bagaimana susunan kerangka makalah

1.       COVER

Sampul atauppun cover makalah memuat judul dan juga nama penulis, logo institusi atau lembaga, tempat tahun terbit. Nama penulis harus di tulis dengan jelas, dan juga nama yang di tulis harus merupaka nama lengkap tanpa embel embel gelar dan lain lain. Alamat penulis merupakan nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau bisa juga tempat penulis menempuh bidang study (universitas). Dan tahun terbit adalah tahun dimana makalah sudah selesai di buat dan di terbitkan untuk umum.

2.       ABSTRAK

Abstrak di tulis dengan 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa inggris, untuk penulisan dalam bahasa indonesa anda tidak di perbolehkan menulis lebih dari 250 kata. Sedangkan dalam bahasa inggrisnya anda tidak boleh menulis lebih dari 200 kata. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan pokok dari makalah, hipotesa, metode penelitian, tujuan penilitian, dan rangkuman dari hasil penilitan yang di peroleh.

3.       DAFTAR ISI

Daftar isi memuat informasi halaman dari isi makalah dari lembar per lembar dan bab per bab, daftar isi juga memuat daftar table dan daftar gambar ( jika ada )

Contoh penulisan daftar isi :

Cover    .....................................................………………………………………………………………………….......…….. i

Abstrak ….............................................................................................................................… ii

Abstract ……............................................................................................................................ iii

Daftar Isi ………………………....................................................................................................….... iv

Kata Pengantar …………………………………………………………............................................................…………. 1

I Pendahuluan ………………………………………………………..…............................................................…..……. 2

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4