Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pegiat Budaya | Pekerja Sosial

Bukan untuk mendapatkan pujian

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memory Game Koto untuk Mendirikan Rumah Belajar

5 Juli 2022   19:09 Diperbarui: 5 Juli 2022   21:18 127 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memory Game Koto| Ilustrator Chike Tania 

KOTO (bahasa Dawan/Uab Meto : warna) merupakan permainan memory game yang tercipta dari hasil kolaborasi Komunitas Belajar O'of Tilun (IG : @ooftilun) dengan Ilustrator, Chike Tania.

Komunitas belajar O'of Tilun lahir dari semangat penulis menerapkan pembelajaran kontekstual untuk anak-anak di Desa Oebo, Timor Tengah Selatan, NTT. Setiap sore, anak-anak berkumpul untuk belajar bukan dari kurikulum sekolah melainkan dari budaya, kearifan lokal dan hal-hal yang ada di sekitar mereka.  Anak-anak diajak untuk menghubungkan pengetahuan tersebut dengan pembelajaran di sekolah formal seperti bahasa, matematika, pengetahuan alam, sosial dan sebagainya.

Berawal dari kesepakatan Ilustrator Chike Tania dengan Komunitas Belajar O'of Tilun untuk melakukan residensi di Desa Oebo, tempat O'of Tilun berada, KOTO merupakan hasil residensi yang disepakati bersama oleh anggota komunitas dan Ilustrator.

Dengan semangat yang sama, KOTO dibuat sebagai media belajar yang asik dimana budaya dan adat tidak lagi bermusuhan dengan modernisasi namun menjadi bagian yang utuh dan relevan dalam diri anak.

Terdiri dari 24 pasang kartu, KOTO mengusung tema budaya Atoin Meto, yaitu salah satu suku di Pulau Timor bagian Barat dimana O'of Tilun berada.

Jelajahi berbagai pangan, motif tenun, bangunan, peralatan tradisional juga perlengkapan adat sambil mengasah ingatan dan konsentrasi. KOTO cocok dimainkan bersama anak, teman, atau keluarga sambil mengenal keanekaragaman warna budaya Indonesia.

KOTO dijual resmi oleh Pustakalana untuk daerah Bandung dan sekitarnya. Sedangkan di Daratan Timor, KOTO dijual oleh Komunitas Belajar O'of Tilun.

Keuntungan bersih dari hasil penjualan Memory Game Koto digunakan untuk pembangunan Rumah Belajar Komunitas.

Anak-anak Komunitas Belajar O'of Tilun sedang belajar | Kolase Ilustrator Chike Tania 
Anak-anak Komunitas Belajar O'of Tilun sedang belajar | Kolase Ilustrator Chike Tania 

Rumah Belajar ini akan dijadikan sebagai perpustakaan desa untuk membudidayakan kegemaran membaca masyarakat dengan menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan, seperti buku, majalah, tabloid, koran, komik, dan bahan multimedia lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan