Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Pegiat Budaya | Kritikus Sosial

Beta orang kampung

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Joan Mir, Calon Kuat Juara Dunia MotoGP 2020

20 Oktober 2020   00:29 Diperbarui: 20 Oktober 2020   00:52 132 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Joan Mir, Calon Kuat Juara Dunia MotoGP 2020
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Styria. (Foto oleh Joe Klamar / AFP) (JOE KLAMAR) via kompas.com

Pasca kecelakaan maut yang mengantar Marc Marquez ke meja operasi dan pemulihan yang cukup lama, Fabio Quartararo atas nama Perancis diisukan akan menerima tongkat estafet kejayaan Spanyol di MotoGP selama satu dekade terakhir.

Namun performa Quartararo yang tidak konsisten membuat persaingan perebutan gelar juara semakin ketat. Brad Binder, Andrea Dovizioso, Miguel Oliviera, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, Danilo Petrucci dan Alex Rins disebut sebagai pesaing utama Fabio Quartararo karena pernah memenangi balapan pada musim ini.

Namun, terbaru, sebelum seri ke-10 MotoGP yang diadakan di Aragon pada tanggal 18 Oktober 2020, tidak sedikit orang mulai membicarakan nama Joan Mir sebagai salah satu kandidat juara dunia MotoGP tahun ini.

Berawal dari tragedi mempermalukan Valentino Rossi di San Marino dan merebut podium tiga. Pria berkebangsaan Spanyol ini mempertahankan performanya pada dua balapan berikutnya dengan mencetak hattrick podium, prestasi bersejarah bagi pebalap Suzuki sejak tahun 2000.

Kemudian pada seri ke-10 MotoGP Aragon kemarin, ia kembali mencatatkan namanya di podium tiga dan menggeser posisi Fabio Quartararo dari pemuncak klasemen sementara MotoGP 2020. Prestasi ini juga merupakan prestasi bersejarah bagi Suzuki karena baru terulang setelah 20 tahun.

Klasemen MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Aragon, Joan Mir teratas. Foto: dok.internet via detik.com
Klasemen MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Aragon, Joan Mir teratas. Foto: dok.internet via detik.com

20 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2000, Kenny Roberts Jr,  seorang pebalap asal Amerika Serikat yang dikontrak Suzuki GSV-R selama 6 tahun dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2005, menjadi ikon Suzuki.

Pebalap yang berhasil mematahkan rekor Honda memenangi kejuaraan selama enam tahun beruntun merupakan pebalap Suzuki terakhir yang mencetak hattrick podium pada balapan kedua, ketiga dan keempat. Di Malaysia dan Spanyol ia meraih podium 1 dan Jepang  podium 2. Ia juga menjadi pebalap Suzuki terakhir yang memuncaki klasemen sementara MotoGP. 

Pada tahun 2001 sampai dengan 2019, selama 20 tahun berjalan, Suzuki benar-benar merana dan jatuh pamor. Bahkan nyaris terdepak dari persaingan MotoGP. Barulah MotoGP 2020, Joan Mir muncul sebagai salah satu kandidat juara dunia setelah mengulang prestasi seniornya Kenny Roberts Jr.

Bermodalkan prestasi juara di Moto3, Joan Mir datang di MotoGP pada tahun 2019 dengan penuh keyakinan bahwa Suzuki sama halnya dengan Honda dan Yamaha. Layak menjadi juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN