Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Pegiat Budaya | Kritikus Sosial

Beta orang kampung

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menyoal "Perang Kata" di Tengah Mewabahnya Covid-19

15 Maret 2020   19:13 Diperbarui: 15 Maret 2020   19:13 85 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal "Perang Kata" di Tengah Mewabahnya Covid-19
Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Kompas.com

Konspirasi virus Corona sebagai senjata biologis menjadi perdebatan negara-negara terkuat di dunia. Saling tuduh terus dilontarkan hanya untuk eksistensi semata. 

Ditengah kewaspadaan masyarakat terhadap meningkatnya penyebaran virus corona yang cukup meresahkan dunia, juga tak kalah menarik untuk menyimak perang kata antara China, Iran dan Amerika tentang asal-usul virus Corona. 

Dilansir dari kompas.com (14/03), juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian melalui akun twitternya menuduh tentara AS sebagai biang kerok masuknya virus Corona ke China. Ia pun berharap kepada pemerintah AS agar transparan atau setidaknya memberikan penjelasan yang detail terhadap asal muasal dan perkembangan virus yang sudah merenggut ribuan nyawa manusia ini.

Rupanya tuduhan ini dilakukan sebagai serangan balik terhadap tuduhan AS yang juga mengatakan bahwa China tertutup atau tidak transparan dengan perkembangan virus Corona di Wuhan bahkan AS menyebut virus Corona sebagai virus Wuhan, kota pertama wabah Corona.

Disisi lain, Rusia disebut oleh AS sempat menyebarkan teori konspirasi bahwa Amerika membuat virus sebagai senjata biologis untuk menyerang China meski kemudian ditepis oleh pihak Rusia.

Tak kalah menarik, kita melirik pernyataan AS yang menyebut Iran sebagai contoh pertama dari tingginya insiden COVID-19 di negara dengan infrastruktur kesehatan masyarakat yang relatif lemah. Disisi lain, Iran mengecam AS yang dinilai menyebarkan virus baru yakni ketakutan ekstrim.

Konspirasi-konspirasi yang diciptakan sejatinya menarik untuk disimak. Pasalnya, negara-negara tersebut merupakan negara rival yang terus menerus melontarkan tuduhan. 

Juga, perang kata ini adalah sebuah hal yang wajar karena China-AS, Iran-AS dan Rusia-AS adalah tiga relasi yang tidak akur jika kita amati selama beberapa tahun terakhir.

Lagipula, perang kata yang selama ini kita saksikan merupakan upaya menunjukkan eksistensi mereka sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan di dunia.

Namun, sayangnya perang kata dan berbagai konspirasi yang diciptakan tidak lagi menarik untuk disimak karena dunia sedang diserang oleh virus Corona. Lebih dari 80ribu kasus yang menginfeksi ratusan negara tanpa memilih status atau kekuatan negara merupakan ancaman serius bagi kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x