Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Pegiat Budaya Suku Dawan (Timor) | Kritikus Sosial

Most Viewed Content over 400.000 pageviews Kompasiana Award 2019

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Ironi Kepunahan Jeruk Soe

10 November 2019   05:23 Diperbarui: 10 November 2019   21:09 1504 28 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ironi Kepunahan Jeruk Soe
Jeruk Soe/ Tribunnews-POS KUPANG

Si Manis, Jeruk Soe yang hidup di Timor Tengah Selatan sejak abad ke-15. Mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-19. Kini, kejayaan Jeruk Soe hanyalah cerita

Siapa yang tidak mengenal Jeruk Keprok Soe? Jeruk manis yang menjajal istana presiden. Pada zaman kejayaan Jeruk Soe, pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mensuplai Jeruk Soe ke istana secara konsisten. 

Megawati Soekarnoputri ketika menjabat sebagai Presiden, meminta bertemu dengan beberapa petani Jeruk Soe dari TTS untuk terus mendorong budidaya Jeruk Soe.

Tentunya apa yang dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri dikarenakan manisnya Jeruk Soe yang memanjakan lidah. Memang, di Nusa Tenggara Timur (NTT) Jeruk Soe merupakan buah favorit dan merupakan oleh-oleh khas orang TTS.

Sebagai orang TTS, ketika mengenyam studi di ibukota Provinsi NTT, Kupang, saya bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah di NTT seperti Flores, Alor, Rote dan sebagainya. Tak jarang juga saya bertemu dengan beberapa dari luar NTT seperti Papua, Maluku dan Pulau Jawa.

"Ingat Ole-ole e, jeruk Soe," kalimat permintaan yang paling banyak keluar dari teman-teman saya ketika liburan tiba.

Asal-Usul Jeruk Soe
Terdapat dua versi cerita dari para orangtua kami terkait dengan asal-usul Jeruk Soe. Beberapa mengatakan bahwa Jeruk Soe dibawa oleh penjajah Belanda sedangkan yang lainnya mengatakan bahwa Jeruk Soe dibawa oleh para pedagang China.

Sulit untuk memilih versi yang benar karena Jeruk Soe dikenal dengan dua nama berbeda. Beberapa orang menyebutnya sebagai "Leon Kase" yang berarti Lemon orang luar Timor dan "Leon Sinas" yang berarti Lemon China. Akan tetapi, sangat diyakini bahwa Jeruk Soe berasal dari China karena Leon Kase dan Leon Sinas memiliki kesamaan.

Baca: Kase, Sebutan untuk Tamu oleh orang Amanuban

Menurut catatan sejarah, Jeruk Soe sudah ada di Pulau Timor khususnya di kabupaten TTS paling tidak sekitar abad ke-15. Hal tersebut diyakini dari tulisan Dampier pada tahun 1729. Dampier yang mengunjungi Timor pada tahun 1699 telah menyaksikan dan menulis bahwa oranges sweet lemons telah ada di Timor yang diyakini sebagai Jeruk Soe.

Oranges sweet lemons adalah jeruk manis yang berasal dari China Kuno. Sebutan jeruk manis ini sudah ada dalam literatur China Kuno tahun 314 Masehi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x