Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, Gibran Mengikuti Jejak Ayahnya Jokowi?

26 Juli 2019   14:31 Diperbarui: 26 Juli 2019   18:45 0 8 1 Mohon Tunggu...
Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, Gibran Mengikuti Jejak Ayahnya Jokowi?
Bobby Nasution (kiri), menantu Presiden RI Joko Widodo, serta kedua anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, saat grand opening Kedai Rakyat di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018)-Tribun Medan/M Andimaz Kahfi

Politik, kata yang tidak pernah ada dalam kamus kehidupan Jokowi. Akan tetapi, berkat usaha mebelnya, kini ia menduduki kursi kepresidenan. Akankah Bisnis Kuliner Gibran mengantarnya ke kursi Walikota Solo mengikuti jejak ayahnya?

Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melakukan survei terkait dengan bursa pencalonan Walikota Solo. Mengingat tahun 2020 masa bakti Walikota Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota, Achmad Purnomo selesai dalam hitungan waktu satu periode.

Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui nama-nama yang memiliki peluang untuk maju sebagai calon Walikota Solo.

Survei dilakukan di 96 titik lokasi di sekitar wilayah Kota Solo dengan 8 responden di masing-masing titik.

Secara keseluruhan, total responden sebanyak 768 tetapi karena dua sampel tidak dapat dianalisis maka hanya 766 sampel yang dianalisis.

"Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta Suwardi.

Popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas adalah kategori yang diuji dalam survei tersebut.

Menarik, hasil survei menempatkan posisi kedua putra Jokowi, Gibran dan Kaesang pada urutan pertama dan ketiga dari sisi Popularitas.

Nama Gibran muncul dengan angka tertinggi yaitu 90 persen responden Mengenal Gibran, diikuti Wakil Walikota Solo dan Kaesang 86 persen.

"Dari total jumlah responden, 90 persen mengenal Gibran, Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86 persen," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta Suwardi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN