Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Nunung di Antara Inspirasi dan Narkoba

20 Juli 2019   10:39 Diperbarui: 25 Juli 2019   14:53 0 11 4 Mohon Tunggu...
Nunung di Antara Inspirasi dan Narkoba
Tri Retno Prayudati alias Nunung-KOMPAS/PRIYOMBODO

Siapa yang tidak mengenal Nunung? Salah satu personil grup lawak Srimulat yang tidak asing bagi angkatan non milenial. Dikalangan ibu-ibu pecinta sinetron tahun 90-an, sinetron Si Doel Anak Sekolahan pasti tidak asing dengan Nunung adik Karyo dalam sinetron tersebut.

Bagaimana dengan generasi milenial? Opera Van Java yang dirintis sejak 2008 menjadi acara terfavorit bagi para pecinta lawak dan In Talk show yang dirintis sejak 2014 pasti tidak asing dengan nama Nunung.

Bukan hanya itu, film layar lebar The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018) dan Sinetron Montir-Montir Syantik di ANTV pun dibintangi oleh perempuan berusia 55 tahun tersebut. Karena itu, Nunung memang tidak asing di segala generasi.

Ya, Si Gendut ini terkenal dengan gaya khas komedi garingnya yang lucu. Kadang menjengkelkan tapi itulah sosok Nunung yang tampil menghibur setiap hati.

Nunung memiliki nama lengkap Tri Retno Prayudati yang lahir di Solo, pada tanggal 05 April 1965. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Nunung Srimulat. Nama belakang merupakan grup lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Solo pada tahun 1950.

Nunung lahir dari sebuah keluarga kecil yang sangat sederhana. Untuk membiayai uang sekolahnya, Nunung menjual batik dan sering menyanyi di event-event. Uang yang didapat digunakan untuk membiayai uang sekolah dan membantu keluarganya. Hal yang sama ia lakukan setelah menyelesaikan studi di Sekolah Menengah Pertama.

Karena masih berpegang pada tradisi, setelah Nunung menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama, ia dijodohkan oleh keluarganya dengan tetangga dekatnya sehingga ia hanya beberapa bulan mencicipi masa Sekolah Menengah Atas.

Daniel Setyadi atau akrab disapa Mas Didit adalah jodohnya. Salah satu pertimbangan orang tua Nunung menjodohkan anaknya dengan Mas Didit adalah Mas Didit berasal dari keluarga yang terpandang di sekitar lingkungan mereka.

Oleh karena itu, tanpa melalui masa pacaran, Nunung resmi menikah dengan Mas Didit diumurnya yang ke-17. Menikah di usia muda menjadi tantangan tersendiri bagi Nunung apalagi Nunung yang kemudian bergabung di dunia hiburan.

Meski sudah dikaruniai tiga orang anak yakni Hema Wanodya Hayuningtyas, Bagus Permadi dan Ratih Sari, Nunung harus rela berpisah dengan suaminya, Mas Didit pada tahun 1995.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x