Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Atoin Meto

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Menjadikan ASEAN "Tong Sampah", Kanada Cari Gara-Gara

16 Juni 2019   04:32 Diperbarui: 16 Juni 2019   16:44 361 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadikan ASEAN "Tong Sampah", Kanada Cari Gara-Gara
Ilustrasi Sampah Plastik/kompas.com

Kanada sedang melakukan tindakan "Perang" yang harus dikecam dan ditolak oleh ASEAN.

Perang tidak selamanya identik dengan senjata, pedang dan nuklir tetapi perang juga dapat dilakukan dengan kata-kata dan lain sebagainya. Misalnya perang ekonomi AS dan Iran yang memanas hingga saat ini.

Menurut Wikipedia Indonesia, Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik (dalam arti sempit, adalah kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan) antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan.

Perang biasanya menguntungkan pihak yang dianggap sebagai penyebab karena terlebih dahulu melakukan sesuatu yang merugikan pihak lawan dan menguntungkan dirinya sendiri.

Inilah yang sedang dilakukan oleh Kanada kepada negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. "Kanada mencari gara-gara", inilah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kelakuan negara paling utara di Amerika Utara.

Ya, Mei 2019 lalu, Duterte geram dengan kelakuan negara bekas jajahan Inggris ini. Sekitar 100 kontener sampah plastik di kirim dari Kanada ke Filipina sejak tahun 2013 dan 2014. Namun, Filipina belum mengembalikannya karena sempat terjadi persitegangan antara kedua negara ini.

Bukan hanya Filipina, Malaysia pun menjadi korban pengiriman sampah oleh negara ini. Sebanyak 3000 ton sampah yang diperoleh Malaysia dari beberapa negara termasuk Kanada. Namun, belum ada konfirmasi dari Kanada soal pemulangan sampah di Negeri Jiran.

Negara yang bersemboyan Dari Laut ke Laut ini bersitegang dan terjadi pergesekan diplomatis karena kecaman dari negara-negara Asia Tenggara yang menolak secara tegas menjadikan Asia Tenggara sebagai tempat pembuangan sampah.

Sabtu, 15 Juni 2019, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang berani mengembalikan 5 kontener sampah yang dikirim oleh Kanada. Beberapa kontener di pelabuhan-pelabuhan akan dikaji apakah isinya berupa sampah atau tidak.

Kronologi pengiriman sampah ke Asia Tenggara adalah memanfaatkan perusahaan mereka yang sedang beroperasi di Indonesia dan pengiriman barang yang digabungkan dengan sampah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN