Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Atoin Amaf, "Tuhan" dalam Tradisi Orang Dawan

17 Mei 2019   06:53 Diperbarui: 4 Juni 2019   16:23 0 8 3 Mohon Tunggu...
Atoin Amaf, "Tuhan" dalam Tradisi Orang Dawan
Dokumen Pribadi

Atoin amaf merupakan salah satu peran atau jabatan dalam sebuah rumpun suku atau keluarga yang dianut oleh Suku Dawan. Secara harafiah, Atoin berarti Orang dan Amaf berarti Bapak. Sedangkan makna secara gramatikal, Atoin Amaf berarti suatu predikat yang diberikan kepada laki-laki dan akan diwariskan secara turun-temurun.

Sistem pewarisannya seperti sistem kerajaan dimana raja akan mewariskan jabatan kepada anak dan seterusnya dalam satu garis keturunan. Atoin Amaf diwariskan kepada anak laki-laki karena predikat tersebut hanya untuk laki-laki.

Mereka yang mengerti Bahasa Dawan, ketika mendengar tentang istilah Atoin Amaf, ingatan mereka akan merujuk pada laki-laki karena sebagaimana arti dari Amaf adalah bapak dan Atoin yang berasal dari kata aslinya Atoni berarti orang yang merujuk pada laki-laki.

Dalam tata Bahasa Dawan, kebanyakan penggunaan beberapa kata dalam bentuk kalimat akan mengalami perubahan yaitu huruf terakhir bertukar posisi dengan huruf kedua dari terakhir (Sedikit penjelasan dalam Artikel "Mengenal Kain Tenunan Suku Amanuban").

Atoin Amaf dapat dimengerti sebagai saudara laki-laki. Misalkan dalam sebuah keluarga terdapat 2 orang laki-laki dan dua orang perempuan maka yang menjadi Atoin Amaf adalah dua orang laki-laki tersebut. Dalam urusan adat, yang sulung akan berperan sebagai Atoin Amaf tetapi bukan berarti laki-laki kedua kehilangan predikat Atoin Amaf

Hal ini hanya sebagai simbolis untuk menyelesaikan urusan adat sehingga ada kemungkinan untuk laki-laki kedua menggantikan posisi laki-laki sulung dan berperan sebagai Atoin Amaf untuk menyelesaikan urusan adat tergantung kesepakatan bersama.

Atoin Amaf juga dikenal dengan istilah Bapak Pohon. Di Rote Ndao, dikenal sebagai To'o Huk. Disebut sebagai Bapak Pohon karena dianggap sebagai ayah dan ibu untuk beberapa suku. 

Misalnya, dua orang perempuan tadi akan menikah dan memiliki anak bahkan cucu maka anak-anak dan cucu-cucu dari dua orang perempuan ini akan menyebut dua orang laki-laki tadi dengan Atoin Amaf atau Bapak Pohon. Dalam bahasa Dawan, Atoin Amaf juga dikenal dengan istilah Uf yang berarti Pohon.

Atoin Amaf di dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat Dawan dikenal sebagai yang mulia atau hakim yang memiliki hak mutlak untuk memutuskan dan merubah sesuatu dalam urusan adat istiadat. 

Dalam upacara adat yang mengharuskan Atoin Amaf hadir, tidak akan dilaksanakan jika Atoin Amaf belum hadir untuk mengambil keputusan. Kadang kala ada beberapa orang yang menyebut Atoin Amaf sebagai "tuhan" yang benar-benar kita harus tunduk pada segala sesuatu yang ia putuskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3