Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mengurai Maksud "Setan Gundul" Andi Arief

7 Mei 2019   10:28 Diperbarui: 7 Mei 2019   12:47 0 6 0 Mohon Tunggu...
Mengurai Maksud "Setan Gundul" Andi Arief
video kompas tv

Andi Arief, Politisi Partai Demokrat membuat heboh publik dengan pernyataan yang terkait dengan setan gundul. Ia mengatakan bahwa ada setan gundul yang menggangu koalisi kemenangan Prabowo di Pilpres 2019. Bagi Andi, ia ingin Prabowo-Sandi menang tetapi ada beberapa orang yang membisikkan data yang salah sehingga Prabowo membuat statement yang meresahkan masyarakat.

Pernyataan ini mengundang komentar dari para politisi dan Sandiaga Uno sendiri sebagai cawapres. Sandiaga ingin Andi Arief memberitahu kepada mereka siapakah setan gundul yang dimaksud.

Dilansir Liputan6, Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahean menjelaskan, bahwa setan gundul yang dimaksud oleh Andi Arief adalah mereka yang memberikan data yang tidak akurat kepada Prabowo.

"Yang dimaksud "Setan Gundul" oleh Andi Arief itu banyak pihak yang tidak akurat (memberikan data) ke Prabowo, sehingga Prabowo diprediksi akan salah langkah, salah jalan, karena data yang dipasok ke beliau tidak akurat," ujar Ferdinand saat dihubungi Liputan6, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Ternyata pernyataan Andi Arief merupakan reaksi terhadap klaim kemenangan 62% oleh Prabowo yang baginya tidak mungkin karena beliau tidak menang telak di pulau Jawa. Dibandingkan dengan kemenangan SBY tahun 2009 itu hal yang tidak mungkin.

"Dia membandingkan kemenangan SBY 2009, ya. SBY menang telak di mana-mana, di pulau Jawa semua menang, Sumatera dia menang, saat itu hanya 60 persen. Nah sekarang di sebagian besar Jawa kalah, bagaimana mungkin ceritanya bisa menang 62 persen, nah dia Andi Arief main logika," Jelas Ferdinand melalui Liputan6.

Klarifikasi dari Demokrat bermaksud untuk mencegah terjadinya suatu pertikaian atau konflik yang bisa memecah belah kubu BPN tetapi yang mengetahui maksud jelasnya adalah Andi Arief sendiri sehingga publik bebas menafsirkan maksud dari Andi Arief.

Mengurai makna setan gundul, bagi penulis, setan gundul adalah istilah yang menggambarkan orang atau kelompok yang sangat kejam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Setan Gundul berarti "Orang yang berbuat Jahat". Orang yang berbuat jahat adalah orang jahat yang kelakuan, tabiat dan perbuatannya sangat buruk, sangat jelek dan sangat tidak baik. Orang jahat juga dapat diartikan sebagai orang yang hatinya suka sekali menghina orang yang tak mampu.

Dari penjelasan makna tersebut, jika memang benar ada setan gundul, siapakah yang menjadi Setan Gundul dalam kubu Prabowo-Sandi? 

Jika makna setan gundul diartikan secara terpisah maka maknanya sedikit berubah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Setan adalah roh jahat yang selalu menggoda manusia untuk berbuat jahat. Jadi berbeda dengan arti secara keseluruhan. Setan hanya menggoda sedangkan yang melakukan kejahatan adalah manusia. Lantas siapakah yang berperan jadi setan dalam kubu Prabowo-Sandi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2