Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Menu Sarapan, Baked Cheese Sweet Potato, Nikmatnya Bikin Nagih!

4 Oktober 2022   09:42 Diperbarui: 4 Oktober 2022   09:44 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini menu sarapan anak-anak. Entah namanya apa. Belum terpikirkan oleh saya. Yang jelas isinya kentang, ubi kuning, telur ayam, tomat, bawang bombai, rumput laut, dan keju.

Ini mah iseng saja. Siapa tahu anak saya suka. Memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Tinggal mata mengeksplor saja.

Saya siapkan dulu bahan-bahannya:
2 buah kentang ukuran sedang
2 buah ubi kuning ukuran sedang
2 lembar roti tawar
2 sendok makan mentega atau margarin
2 butir telur ayam
1 siung bawang putih (cincang halus)
1/2 buah bawang bombai, diiris-iris.
Keju parut secukupnya
Garam dan lada

Cara membuat:
1. Kupas dan potong-potong kentang, rebus dengan air garam sampai empuk. Setelah empuk tiriskan lalu dihaluskan.
2. Kupas dan parut ubi jalar, rebus sebentar.
3. Kocok 2 butir telur ayam dalam wadah, masukkan kentang, ubi, dan roti yang sudah dihancurkan. Aduk-aduk sampai merata.
4. Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan margarin, masukkan dalam adonan.
5. Lelehkan  margarin di wajan anti lengket. Masukkan adonan, tambahkan potongan tomat dan keju Kraft quick melt, aduk-aduk.
6. Tambahkan sedikit garam, sedikit lada bubuk, dan sedikit penyedap rasa. Aduk-aduk, panggang sebentar.
7. Selesai, taruh di piring, toppingnya kasih saos mayones dan tambahkan potongan rumput laut.

Taraaa... Jadi deh menu sarapan ala rumahan. Mudah dan simple. Tidak butuh waktu lama. Hanya sekitar 30 menit sajian pun tersaji. Saya sajikan di meja makan dan tidak lupa segelas susu hangat.

"Ayo Kakak Putik, Kakak Najmu, sarapan," kata saya.

Anak-anak pun duduk di kursi masing-masing. Saya berdiri di samping anak-anak. Mirip chef-chef yang ada di program televisi "Master Chef Indonesia". Mengawasi dan mengamati, apakah menu sarapan ini disukai anak-anak?

"Bagaimana, enak Kak?" tanya saya pada anak pertama dan kedua saya.

Kata anak-anak sih enak. Rasanya pas dan gurih. Kejunya lembut. Syukurlah. Anak pertama saya malah pakai nambah.

"Nambah, Bund. Kakak mau lagi," pintanya. Kebetulan masih ada untuk seporsi. Suprised dong saya. Berarti, benaran enak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun