Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Menu Sarapan, Bubur Ubi Jalar yang Gurih dan Enak

28 September 2022   16:16 Diperbarui: 28 September 2022   16:17 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini menu sarapan anak-anak pagi tadi. Bubur ubi jalar: ubi ungu dan ubi kuning (atau orange?). Campurannya bayam, jagung pipil, ikan gurame, dan daun kemangi. Aneh ya?

Ya, begitulah hasil dari keisengan saya tadi pagi, yang ingin menyajikan menu sarapan yang tidak biasa. Menu sarapan yang seingat saya belum pernah bikin deh.

Biasa, setiap habis shalat subuh, saya mengeksplor dapur. Sambil mencari-cari "harta karun" yang bisa diolah menjadi masakan. 

Syukur-syukur olahan ini disukai anak-anak. Biar lidah anak-anak juga bisa merasakan berbagai jenis masakan.

Nah, kebetulan masih ada ubi ungu dan ubi kuning. Ini kalau diolah jadi bubur enak barangkali ya. Campurannya jagung pipil, sedikit bayam, dan ikan gurame.

Ok, saya pun mulai bereksperimen. Karena ini masih coba-coba, jadi saya bikinnya tidak banyak. Saya ambil seperlunya saja. Khawatir nanti tidak habis jika menu ini kurang disukai. 

Jadi, ubi ungu 100 gram, ubi kuning 100 gram. Bayam, jagung pipil, dan ikan gurame juga secukupnya.

Saya siapkan juga 1 sendok makan sagu atau tepung tapioka yang dilarutkan dalam segelas air. Ulek bumbu 2 siung bawang putih dan lada hingga halus.

Kemudian ubi jalar yang sudah dicuci, saya potong-potong lalu saya rebus hingga empuk. Masukkan bumbu. Setelah empuk, masukkan bayam, jagung pipil, dan suwir ikan gurame.

Aduk-aduk. Kasih sedikit garam dan penyedap rasa. Koreksi rasa. Kalau di lidah saya sih, sudah pas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun