Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

"Solusi" Menghindari Transit di Stasiun Manggarai

13 Juli 2022   16:52 Diperbarui: 15 Juli 2022   12:15 3144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Suasana Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Senin (6/6/2022). (Foto: KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi) 

Dalam sepekan ini, sudah dua kali saya ada agenda kegiatan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat. Biasanya, untuk ke sini, saya selalu mengandalkan moda transportasi kereta commuterline.

Dari Stasiun Citayam, saya naik kereta tujuan Tanah Abang, transit di Stasiun Tanah Abang. Dari sini, naik kereta yang tujuan Serpong Parung Panjang. Adanya di peron 5 dan 6

Turun deh di Stasiun Palmerah. Hanya satu stasiun saja dari Stasiun Tanah Abang. Jadi, cuma satu kali transit. Dari sini, saya lanjut jalan kaki ke Hotel Mulia, sekalian olahraga. Itu, jika waktunya masih memungkinkan. Kalau tidak, ya naik ojek online.

Sekarang tidak lagi begitu. Kalau mau ke Hotel Mulia dengan rute biasanya saya, saya harus transit dua kali, dan tiga kali naik kereta dengan tujuan berbeda. 

Perubahan ini terjadi sejak diberlakukan switch over di Stasiun Manggarai pada Sabtu 28 Mei 2022. Polanya ya jadi begitu.

Sejak Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral, maka rute KRL berubah. Dengan kata lain disesuaikan. Tadinya dari Stasiun Bogor ada yang relasinya langsung ke Tanah Abang, sekarang tidak lagi. 

Semua relasi KRL dari arah Bogor tujuannya ke Stasiun Jakarta Kota. Jadi, untuk ke Stasiun Tanah Abang, saya harus turun di Stasiun Manggarai untuk transit, kemudian naik KRL ke Tanah Abang di peron 6 dari arah Stasiun Bekasi. 

Suasana peron 6 Stasiun Transit Manggarai ke Stasiun Tanah Abang (dokpri)
Suasana peron 6 Stasiun Transit Manggarai ke Stasiun Tanah Abang (dokpri)

Untuk bisa ke Stasiun Palmerah, dari Stasiun Tanah Abang saya transit, lalu naik kereta ke arah Serpong. 

Ribet juga ya. Karena "prosesnya" yang agak ribet ini, maka saya membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding biasanya. Itu sebabnya, saya prepare waktu. Dua jam sebelum acara dimulai, saya harus sudah jalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun