Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Oktober, Sekolah di Kota Depok Siap-siap PTM Terbatas

13 September 2021   17:26 Diperbarui: 13 September 2021   18:27 219 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sekolah-sekolah -- SD, SMP, SMA, di Kota Depok, Jawa Barat, tengah bersiap-siap mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM). Setidaknya, orang tua murid sudah diminta untuk menyerahkan surat pernyataan bersedia tidaknya penyelenggaraan PTM yang ditandatangani di atas materai.

Bagi yang bersedia, siswa ikut PTM secara terbatas, tetapi murid tidak masuk ke sekolah setiap hari. Siswa berada di sekolah hanya dua jam dan hanya seminggu dua kali.  Di luar dua hari itu, murid tetap bersekolah secara daring seperti yang sudah dilakukan selama 1,5 tahun belakangan.

Sementara itu, bagi orang tua yang tidak bersedia anaknya ikut PTM Terbatas pembelajaran dilakukan secara daring. Bagaimanapun, tidak ada paksaan bagi orang tua untuk menyetujui atau tidak PTM.

Meski terbatas, rencana ini disambut antusias oleh anak-anak saya. "Kapan sih Bun, belajar di sekolah?" tanya anak pertama, kedua, dan ketiga yang duduk di bangku SMA, SMP, dan SD. Pertanyaan yang sering saya jawab "tidak tahu".

Saya sendiri sebagai orang tua setuju-setuju saja diadakan PTM. Bagaimanapun PJJ akan membuat anak-anak menjadi tidak semangat belajar karena tidak bertemu gurunya secara langsung. Kata anak saya, PTM membuat pembelajaran lebih masuk ke otaknya. 

Rencana PTM ini juga disikapi dengan program vaksinasi pelajar SMP dan SMA, yang sudah dilakukan pada awal September ini. Anak-anak saya sendiri belum vaksinasi karena belum 3 bulan sembuh dari Covid-19. Baru bisa divaksin pada akhir Oktober.

Namun, berdasarkan informasi wali kelas anak pertama saya, kemungkinan PTM diadakan kalau tidak November, Desember, atau awal Januari 2022. 

"Secepatnya November, tapi kemungkinan besar sih sepertinya Januari 2022," terangnya, Senin (13/9/2021), sebagaimana disampaikan suami saya saat berjumpa dengannya di sekolah.

Alasannya, menunggu semua siswa divaksinasi. Ternyata program vaksinasi yang seminggu lalu belum semuanya diikuti siswa. Di sekolahnya anak saya baru sepertiga siswa yang sudah divaksin. Entah apa penyebabnya. Apakah karena baru sembuh dari Covid-19 atau ada orang tua yang tidak mengizinkan?

Bagaimana dengan yang SMP? SMPN 1 tempat anak kedua saya bersekolah rencana PTM Terbatas dijadwalkan minggu ketiga September 2021 usai ujian mid semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Atau kemungkinan awal Oktober mengingat PTS berlangsung pada 20-25 September 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan