Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Susahnya "Berburu" Ruang ICU Covid-19

13 Juli 2021   16:40 Diperbarui: 13 Juli 2021   16:52 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu saya positif Covid-19. Itu berdasarkan foto thorax yang paru-parunya terlihat putih semua dan hasil test PCR yang menyatakan positif. Saat ini, ibu saya masih di ruang isolasi RS Jantung Diagram Siloam Cinere, Depok.

Ini hari keempat ibu saya di ruang isolasi. Sesungguhnya ibu saya harus segera dipindahkan ke ruang ICU. Selain karena faktor usia dan komorbid -- jantung, diabetes, dan hipertensi, juga kadar saturasinya tidak stabil. Naik turun.

Mengapa ibu saya bisa terkena Covid-19? Menurut dugaan saya, ibu saya tertular dari abang dan adik saya yang pada dua pekan lalu berdasarkan hasil swab antigen positif. Dua saudara saya ini memang tinggal serumah dengan ibu dan ayah saya.

Yang membuat saya heran, hasil swab antigen ibu saya ketika awal "mengungsi" ke rumah saya, hasilnya negatif. Ketika saya bawa ke IGD RS Bunda Aliya, tidak ada indikasi infeksi virus.

Herannya lagi, ketika ibu saya sudah di IGD RS Jantung Diagram Siloam Cinere, hasil swab antigennya juga negatif. Padahal, di awal penanganan dokter sudah bisa menduga ibu saya terkena Covid. 

Setidaknya terdengar dari suara ngorok ibu saya yang menandakan ada masalah di paru-paru ibu saya. Dan, dugaan dokter terbukti setelah melihat hasil foto thorax dan hasil test PCR.

Setelah mendapat kepastian ibu saya positif Covid-19, ibu saya saat itu juga seharusnya sudah "dilarikan" ke RS khusus penanganan Covid-19 yang memiliki ruang ICU dan ventilator mengingat saturasi ibu saya yang belum stabil. 

RS Jantung Diagram Siloam Cinere sebenarnya bukan RS rujukan khusus untuk Covid-19, tetapi khusus untuk Jantung. Itu sebabnya, di RS ini peralatan medisnya lebih kepada penanganan jantung. 

Kalaupun ada ruang ICU tapi tidak dikhususkan untuk pasien Covid-19, dan itu pun jumlahnya sangat terbatas. Kalau dipaksakan itu akan sangat beresiko pada keselamatan pasien non Covid yang tengah menjalani perawatan di sini.

Dijelaskan pula, karena bukan RS rujukan khusus Covid-19, maka alat-alat kesehatan yang ada di sini tidak didesain untuk penanganan pasien Covid-19. Oleh sebab itu, ibu saya harus segera dipindahkan di ruang ICU RS khusus penanganan Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun