Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Resep Bakso Aci Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!

16 Mei 2021   10:11 Diperbarui: 16 Mei 2021   10:26 1740
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taraaa...ini adalah bakso aci buatan saya. Benaran buatan saya. Sebagaimana namanya, bakso ini terbuat dari aci alias tepung sagu alias tepung tapioka.

Aci sendiri berasal dari bahasa Sunda. Bakso aci kuah ini tadinya populer sebagai jajanan murah meriah dan sederhana asal Jawa Barat. Kini, sepertinya sudah merambah di Jakarta. Bahkan hits. Entah di daerah lain.

Sejatinya, bakso aci ini akan saya sajikan buat dua kawan saya yang berkunjung ke rumah saya, kemarin. Mangkoknya sudah saya siapkan. Sudah terbayang mereka akan ketagihan.

"Mak, Sabtu gue sama Nana mau ke rumah loe," kata Dewi, yang juga tetangga jauh saya, dua hari sebelumnya.

Kebetulan kami semua tinggal di sekitar Citayam, yang masih wilayah administratif Kota Depok, Jawa Barat. Dan, kebetulan juga kami memiliki profesi yang sama.

"Ok," jawab saya.

Saya bingung mau masak apa. Masak rendang pasti bosan, masak opor pasti bosan juga. Secara dua sajian ini menjadi hal yang lazim disajikan saat hari lebaran atau idulfitri. Masa itu lagi, itu lagi?

Ya sudah, terbersitlah bikin bakso aci Gampanglah itu buatnya. Terpikirkan buat ini karena beberapa hari lalu sempat berbuka puasa bakso aci di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, setelah bersama beberapa teman berbagi makanan berbuka puasa kepada warga yang melintas.

Bahan-bahannya juga sederhana. Kebetulan bahan-bahan sudah tersedia di dapur. Jadi, saya tidak perlu belanja lagi:
250 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
100 gram daging ayam suwir
100 gram nasi yang sudah dihaluskan
1 sachet bumbu bakso
150 ml air hangat
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Sedikit lada halus

Cara membuatnya juga gampang dan tidak pakai ribet. Campurkan nasi yang sudah dihaluskan, 1 butir telur ayam, daging ayam, tepung tapioka, tepung terigu, dan lada halus. Tuangkan sedikit air, aduk sampai merata hingga adonan bisa dibentuk. Bentuk deh bulat-bulat.

Kemudian rebus air hingga mendidih lalu masukkan bakso aci hingga mengapung. Sesekali diaduk agar tidak saling menempel. Lalu masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah diulek, masukkan juga bumbu kuah bakso, dan 1 butir telur ayam. Aduk-aduk sambil sesekali dicoba apakah rasanya sudah pas atau belum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun