Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Beragam Aktivitas Ramadhan di Rumah Aja

27 April 2021   22:29 Diperbarui: 27 April 2021   22:34 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 
 

Apa ya aktivitas Ramadhan saya saat di rumah saja?

1. Tilawah bareng (TiBar) secara online
Setiap hari seusai shalat subuh, dari jam 5.15 hingga selesai selama Ramadhan. Tilawah di sini tidak sekedar membaca Alquran, tetapi tilawah yang sesuai tadjwid dan hukum-hukumnya. Jika ada kesalahan cara membaca, guru akan mengoreksinya. 

Terkait TiBar bisa baca di sini: Tilawah Bareng Online Solusi Saat di Rumah Saja

2. Tadarus
Selesai tilawah, saya lanjut membaca Alquran sendiri sambil mempraktikkan ilmu tadjwid yang sudah saya pelajari saat ikut kelas tahsin dan ketika tilawah bareng. Biasanya saya menyelesaikan satu juz atau minimal 150 ayat. Terkadang saya selingi juga dengan mengajarkan anak mengaji sesuai tadjwid yang saya pelajari. 

3. Membaca berita
Aktifitas berikutnya membaca berita dari berbagai berita online terkait berita terhangat dan isu terbaru. Saya jarang membaca berita hiburan yang bersifat gosip karena tidak penting buat saya. Berita olahraga juga jarang banget saya baca karena tidak paham dengan istilah-istilah di bidang olahraga. Untuk kegiatan ini paling saya menghabiskan waktu sekitar  30 menit hingga 1 jam.

4. Main game Candy Crush Saga
Agar otak saya rileks, tidak tegang, dan tidak penat, saya main game ini. Di hp saya, cuma itu satu-satunya game. Tidak ada yang lain. Main game ini tidak sekedar main tapi ada pelajaran hidup yang bisa saya petik. Ketika mengalami kegagalan, jangan mudah putus asa atau mengambil jalan pintas, terus saja mencoba hingga akhirnya naik ke level berikutnya. Ketika kita terus berusaha tanpa diduga game tiba-tiba saja bisa dituntaskan dengan mudah. 

5. Waktunya Kompasiana
Biasanya, sebelum saya memulai aktifitas pekerjaan, saya mengawalinya dengan menulis untuk di Kompasiana. Apa saja. Mulai dari hal yang ringan, isu terhangat, atau sesuai dengan topik pilihan. Kalau di pagi itu saya belum mengupload satu tulisan, berarti saya sedang "sibuk" dengan pekerjaan. Setelah itu,  saya lanjut dengan membaca tulisan para Kompasianer dan menyapanya melalui komentar. 

6. Mendampingi si kecil belajar dari rumah
Tidak butuh waktu lama mendampingi si kecil. Tidak sampai 30 menit karena materi dan tugas yang diberikan juga tidak banyak. Mengerjakannya pun di buku tema.

7. Kerja
Mulai mengikuti webinar, membuat laporan, meeting. Penugasan ke lapangan hanya sesekali saja. Lebih seringnya melalui virtual.  Lamanya tergantung durasi dan berapa banyak webinar atau pertemuan yang saya ikuti.

8. Mengikuti kajian
Yang mengupas hal-hal yang menambah pengetahuan, keimanan, dan ketakwaan. Kajian ini diadakah oleh beragam komunitas dengan hari berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun