Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ini Sebab Saya Disebut Perempuan Tangguh

22 April 2021   00:01 Diperbarui: 22 April 2021   00:07 1237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat saya menjalani proses kemoterapi di RS Hermina Depok (Dokumen pribadi) 

Dear diary, 

Kata teman-teman, saya termasuk perempuan tangguh. Penilaian ini muncul karena mereka melihat saya kuat menghadapi vonis terkena penyakit kanker. Penyakit yang identik dengan kematian.

Mereka heran dan bertanya-tanya mengapa saya terlihat begitu santai ketika terkena penyakit ini. Terlebih sudah dalam stadium tiga. Tidak semua perempuan kuat menghadapi ujian ini. Ada yang meratapi diri, tidak sedikit mengambil jalan pintas.

Meski saya terkena kanker, saya masih bisa bekerja, beraktivitas, dan mengurus keluarga saya. Padahal, dalam bayangan mereka, saya itu akan lemah, tidak bisa ke mana-mana, dan terkapar di kasur. Seperti yang selama ini kerap mereka dengar.

Bayangkan saja, sebelum operasi pengangkatan payudara, saya masih sempat beberapa kali ke luar kota untuk urusan pekerjaan. Apakah saya tidak stress nantinya? Begitu kekhawatiran teman-teman.

Saat saya usai operasi pengangkatan payudara, bersama ibu saya dan kawan saya semasa SMP (Dokumen pribadi) 
Saat saya usai operasi pengangkatan payudara, bersama ibu saya dan kawan saya semasa SMP (Dokumen pribadi) 

Beberapa hari usai operasi, saya masih bisa mengurus anak pertama saya masuk SMP negeri dan mencari sekolah swasta untuk berjaga-jaga jika tidak diterima di SMP negeri.

Itu dalam kondisi alat penampung darah bekas operasi masih menggantung. Bentuknya bulat seperti wadah CD dengan selang kecil yang menyambung ke area bekas operasi.

Alat itu disebut dengan drain, yang berfungsi untuk mengalirkan cairan dan darah dari area operasi agar tidak terjadi penumpukan cairan atau darah di bawah kulit serta mencegah terjadinya pembengkakan di area bekas operasi.

Saya juga masih bisa mengurus dua anak saya yang lain dengan membeli peralatan sekolah yang diperlukan di tahun ajaran yang baru. Termasuk seragam sekolah karena yang sebelumnya sudah sempit.

Setelah operasi saya harus menjalani radioterapi selama sebulan di RSCM setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu. Dan,  itu saya jalani sendirian tanpa didampingi suami atau keluarga saya yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun