Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Anak Ujian Sekolah 2021, Saya yang Deg-degan

19 April 2021   13:18 Diperbarui: 20 April 2021   05:43 181 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anak Ujian Sekolah 2021, Saya yang Deg-degan
siswa SMP N 1 Kudus mengikuti Ujian Sekolah secara tatap muka pada Senin, (19/4/2021). (Dokumentasi: Tribun Jateng/ Yunan)

Hari ini, Senin (19/4/2021), anak pertama saya yang duduk di kelas IX di SMPN Kota Depok, Jawa Barat, mulai Ujian Sekolah (US). Saya pun membangunkannya jam 7 mengingat US dimulai pukul 7.30 pagi.

Habis shalat subuh anak saya tidur lagi. Padahal, saya sudah mengingatkan untuk tidak tidur lagi karena hari ini US. Saya minta anak saya untuk belajar. Tapi, ya itu, tidur juga.

"Kak, bangun, ayo siap-siap Ujian Sekolah. Jangan lupa pakai seragam. Bermimpilah setinggi mungkin, tapi sebelum itu kakak harus bersungguh-sungguh mengerjakan ujian. Habis itu, baru deh lanjut bermimpi," kata saya.

Anak saya pun bersegera tanpa mandi, hanya cuci muka, lalu pakai seragam. Lima belas menit sebelum ujian, siswa sudah harus sudah siap. Anak saya pun siap dengan handphonenya.

Ada dua matapelajaran yang menjadi US hari pertama ini, yaitu Pendidikan Agama serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dari seminggu lalu pihak wali kelas sudah menginformasikan mengenai US ini melalui grup. Disampaikan pula US menjadi salah satu indikator utama kelulusan bagi peserta didik.

Orangtua pun diminta untuk memastikan anak mengikuti US dengan memakai seragam. Orangtua juga diminta memotret anak dan dikirimkan ke wali kelas.

US ini berlangsung selama 6 hari -- Senin, Selasa (Bahasa Indonesia - PJOK), Rabu (Bahasa Inggris - Seni Budaya), Kamis (Matematika - Prakarya), Jumat (IPS - Basa Sunda), Sabtu (IPA).

Anak sedang ujian sekolah (Dokumen pribadi)
Anak sedang ujian sekolah (Dokumen pribadi)

Ujian dilakukan secara virtual melalui sistem yang dibuat pihak sekolah. Setiap murid diberikan user, password, dan token agar bisa mengikuti US. Tanpa ini, anak tidak bisa masuk ke dalam sistem.

Adanya sistem yang dikembangkan sejak tahun lalu ini -- pengganti google class room, bagian dari program smartschool sekolah anak saya, yang dikembangkan sendiri oleh pihak sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN