Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Anak Ujian Sekolah 2021, Saya yang Deg-degan

19 April 2021   13:18 Diperbarui: 20 April 2021   05:43 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
siswa SMP N 1 Kudus mengikuti Ujian Sekolah secara tatap muka pada Senin, (19/4/2021). (Dokumentasi: Tribun Jateng/ Yunan)

Hari ini, Senin (19/4/2021), anak pertama saya yang duduk di kelas IX di SMPN Kota Depok, Jawa Barat, mulai Ujian Sekolah (US). Saya pun membangunkannya jam 7 mengingat US dimulai pukul 7.30 pagi.

Habis shalat subuh anak saya tidur lagi. Padahal, saya sudah mengingatkan untuk tidak tidur lagi karena hari ini US. Saya minta anak saya untuk belajar. Tapi, ya itu, tidur juga.

"Kak, bangun, ayo siap-siap Ujian Sekolah. Jangan lupa pakai seragam. Bermimpilah setinggi mungkin, tapi sebelum itu kakak harus bersungguh-sungguh mengerjakan ujian. Habis itu, baru deh lanjut bermimpi," kata saya.

Anak saya pun bersegera tanpa mandi, hanya cuci muka, lalu pakai seragam. Lima belas menit sebelum ujian, siswa sudah harus sudah siap. Anak saya pun siap dengan handphonenya.

Ada dua matapelajaran yang menjadi US hari pertama ini, yaitu Pendidikan Agama serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dari seminggu lalu pihak wali kelas sudah menginformasikan mengenai US ini melalui grup. Disampaikan pula US menjadi salah satu indikator utama kelulusan bagi peserta didik.

Orangtua pun diminta untuk memastikan anak mengikuti US dengan memakai seragam. Orangtua juga diminta memotret anak dan dikirimkan ke wali kelas.

US ini berlangsung selama 6 hari -- Senin, Selasa (Bahasa Indonesia - PJOK), Rabu (Bahasa Inggris - Seni Budaya), Kamis (Matematika - Prakarya), Jumat (IPS - Basa Sunda), Sabtu (IPA).

Anak sedang ujian sekolah (Dokumen pribadi)
Anak sedang ujian sekolah (Dokumen pribadi)

Ujian dilakukan secara virtual melalui sistem yang dibuat pihak sekolah. Setiap murid diberikan user, password, dan token agar bisa mengikuti US. Tanpa ini, anak tidak bisa masuk ke dalam sistem.

Adanya sistem yang dikembangkan sejak tahun lalu ini -- pengganti google class room, bagian dari program smartschool sekolah anak saya, yang dikembangkan sendiri oleh pihak sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun