Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ghost Writer, Pekerjaan Sampingan yang Cukup Menggiurkan

9 April 2021   16:10 Diperbarui: 9 April 2021   16:27 123 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ghost Writer, Pekerjaan Sampingan yang Cukup Menggiurkan
gramedia.com

Sudah dua bulan ini saya melakoni pekerjaan sampingan sebagai ghost writer. Sebenarnya, pekerjaan ini bukan hal baru buat saya. Beberapa waktu sebelumnya, saya sudah mengakrabi pekerjaan sampingan ini.

"Mbak Tety, punya kenalan yang bisa jadi ghost writer nggak?" tanya relasi saya melalui pesan whatsapp.

"Kalau cuma jadi ghost writer, saya juga bisa," kata saya mempromosikan diri hehehe...

Saya pun mengajukan satu teman yang juga sahabat saya untuk dijadikan ghost writer. Bagi kami, kegiatan menulis itu menjadi menu sehari-hari. Jadi, tidak sulitlah untuk mengerjakannya.

Akhirnya, kami pun bersedia menjadi ghost writer di satu perusahaan jasa konsultan kesehatan milik anggota dewan. Tapi ini bukan anggota DPR/DPRD, melainkan lembaga yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden. 

Berdasarkan arahan sang sekretaris, kami diminta menuliskan tulisan ilmiah populer untuk di newsletter bulanan yang diterbitkan pada pekan ke-4 setiap bulannya.

Newsletter ini ditujukan khusus untuk 13 rumah sakit yang bergabung dalam komunitas entrepreneur rumah sakit. Dalam newsletter ini ada beberapa rubrik opini dan/atau in-depth coverage terkait bahasan tematik setiap bulannya.

Sebelumnya, newsletter ini ditulis oleh para tenaga ahli di jasa konsultan tersebut. Namun, setelah dievaluasi internal, pemilik jasa konsultan ini merasa perlu menggunakan tenaga ghost writer.

Ghost writer ini bertugas menguraikan dan menuliskan ide/gagasan dari para tenaga ahli untuk memastikan kualitas dan kuantitas tulisan agar tetap konsisten setiap bulannya.

"Adapun maksud saya mengontak Bu Tety, adalah hendak menawarkan dan memohon kesediaan Bu Tety, untuk bergabung menjadi tim ghost writer bagi kepenulisan artikel pada monthly newsletter kami. Apakah sekiranya Bu Tety bersedia menerima tawaran dari kami?" katanya.

Jelas saya bersedia setelah memastikan kawan yang saya ajukan juga ikut bergabung. Terlebih yang ditulis lingkup kesehatan dan rumah sakit, sesuatu yang sering kami tulis juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x