Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Malam Minggu Ngebakso Ikang, Bakso Isi Ikan dan Kangkung

6 Maret 2021   20:15 Diperbarui: 6 Maret 2021   20:24 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hujan-hujan mengapa selalu identik dengan yang hangat-hangat ya, bukan dingin? Hujan yang sedari sore turun, membuat saya ingin makan yang hangat-hangat tapi yang berkuah. Hidangan buat teman malam minggu.

Kira-kira apa ya yang bisa saya sulap jadi kudapan yang anak-anak suka dan tanpa ribet? Di meja makan, saya lihat ada tahu bumbu kecap, beberapa potong ikan ekor kuning goreng, dan sedikit sayur kangkung.

Sepertinya enak nih kalau ngebakso. Makan bakso di saat hujan-hujan begini pasti nikmat. Dan, memang hujan itu selalu identik juga dengan ngebakso. 

Terbetiklah ide untuk membuat bakso yang isinya ikan dan kangkung. Belum pernah coba juga soalnya. Ya hitung-hitung bereksperimen.

Seingat saya sih baru kali ini saya mencoba berkreasi membuat bakso yang ikan dan kangkung. Jadi, bagaimana penampakan dan rasanya masih belum ada gambaran jelas.

"Kak, bunda mau bikin bakso yang isinya ikan dan kangkung," kata saya sambil mensuwir-suwir daging ikan di wadah.

"Memang enak?" tanya anak kedua saya.
"Ya enaklah pokoknya. Kalo bikinan bunda mah selama ini selalu enak kan?" kata saya. Anak saya sih iya iya saja.

Bakso ikan memiliki kuah bening dengan rasa kaldu lebih ringan dari bakso sapi. Hidangan ini sepertinya cocok untuk makanan anak di rumah. Terlebih anak-anak suka juga ngebakso, meski jarang.

Oke, mari saya mencoba. Siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu:
50 gram daging ikan yang sudah dihancurkam
50 gram kangkung yang diiris tipis-tipis
1 putih telur
1 sachet penyedap rasa
1/4 sendok teh merica
150 gram tepung sagu
50 gram tepung terigu
3 siung bawang putih yang diparut.

Cara membuatnya:
Campurkan daging ikan dan irisan kangkung, masukkan 1 sachet penyedap rasa, bawang putih parut, 1 putih telur, masukkan tepung terigu dan tepung sagu, campurkan air sedikit demi sedikit, aduk-aduk sampai merata dan kenyal. Lalu adonan dibulat-bulatkan seperti bakso.

Kemudian rebus air hingga mendidih, masukkan satu persatu adonan bakso ke dalam air yang mendidih, sambil diaduk-aduk. Lalu saya masukkan 1 sachet bumbu kuah bakso. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun