Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sayur Lodeh Ikan Bandeng, Jangan Remehkan Khasiatnya bagi Kesehatan

28 Januari 2021   09:59 Diperbarui: 28 Januari 2021   17:56 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hujan dari semalam tak kunjung berhenti hingga subuh tadi. Dingin yang cukup membuat saya menggigil tak urung membuat perut saya didera rasa lapar. 

Sebenarnya malas juga kalau kudu masak. Masih pagi banget lagi. Tapi perut saya tidak mau diajak kompromi. Berisik mulu. Teriak-teriak lapar. Tidak lihat situasi saya lagi mengaji. 

Teriakannya cukup mengganggu kesyahduan di subuh hari. Jadi, saya tuntaskan mengaji saya, lalu beranjak ke dapur. Buka kulkas, lihat-lihat kira-kira apa yang bisa dimasak dan dimakan dalam situasi dingin begini.

Ada sedikit wortel, terong, jagung, labu siam, dan melinjo. Bikin sayur lodeh sajalah meski bahannya kurang lengkap. Idealnya sih pakai kacang panjang, nangka, dan daun melinjo juga. 

Tapi tidak apa-apalah. Namanya juga dalam keadaan terdesak dan darurat. Jadi, saya manfaatkan saja bahan-bahan sisa yang ada di kulkas.

Saya lihat juga ada dua potong ikan bandeng super. Sepertinya enak nih kalau dibikin sayur lodeh. Saya mau coba ah bikin sayur lodeh ikan bandeng. Seperti apa ya rasanya?

Mengapa saya mau menjadikan ikan bandeng sebagai campuran sayur lodeh, karena pertama, saya sudah keburu lapar. Jadi, saya malas buat menggoreng atau membumbuinya. 

Kedua, sepertinya seingat saya ya, saya belum pernah bikin sayur lodeh dicampur ikan. Paling sayur lodeh tempe atau tempe yang diolah menjadi sayur lodeh. Kalau pun ada ikan, ya disajikan secara terpisah. Misalnya, sayur lodeh dan ikan goreng.

Jadi ini cukup menghemat waktu dan energi buat saya. Efesien juga karena dalam satu olahan mengandung banyak gizi. Ada protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B12  

Begitu pula dengan ikan bandeng yang tidak hanya enak dan gurih. Ternyata, ikan bandeng juga sangat bermanfaat untuk  kesehatan. Bisa mengatasi anemia, bantu tingkatkan fungsi otak, sangat baik untuk pertumbuhan janin, menguatkan tulang, mencegah penyakit jantung, menyehatkan mata.

Tidak hanya itu, ikan bandeng juga membantu menjaga daya tahan tubuh dikarenakan ikan bandeng memiliki nutrisi dan vitamin seperti zat besi dan vitamin A. Sehingga bisa membuat daya tahan tubuh seseorang terjaga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun