Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Ada Apa dengan Kosmetik Asal Korea?

1 Agustus 2020   07:51 Diperbarui: 1 Agustus 2020   10:30 78 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Apa dengan Kosmetik Asal Korea?
Dok. pribadi




Pengaruh industri hiburan Korea Selatan yakni K-Pop dan K-drama, membawa dunia kecantikan negeri ginseng tersebut menjadi tren tersendiri di negara kita. Pengagum hal-hal yang "berbau" Korea pastinya banyak. Ya artisnya, fesyennya, filmnya, makanannya. Wah, memiliki fans garis keras tersendiri. Ini kalau dijumlahkan, berapa ya?

Beberapa kawan saya saja fanatik banget. Setiap hari bercerita di Facebook soal drama yang ditontonnya. Padahal saya sendiri belum pernah sekalipun menonton dramanya. Jadi jangan tanya siapa saja artis Korea ke saya, pasti saya tidak bisa menjawabnya.

Mungkin karena begitu banyak penikmat segala hal yang berkaitan dengan Korea, maka produk-produk asal negara itu pun "membanjiri" Indonesia. Berusaha memenuhi "rasa lapar dan rasa haus" para penggemarnya. Terutama untuk produk perawatan kulit dan wajah.

Memang awalnya produk-produk ini dikenal karena digunakan oleh para bintang asal negara itu. Namun, lama kelamaan, semakin ke sini, semakin banyak yang menggunakan dan mereview bagus, sehingga kian banyak juga yang jatuh cinta pada produk kecantikan dari Korea ini. Ini sih analisis saya ya hahaha...

Bisa dibilang, produk kecantikan kulit yang paling difavoritkan di Indonesia justru bukan produk dalam negeri, melainkan produk asal Korea Selatan. Perawatan wajah dan kulit memang menjadi aktifitas keseharian kaum hawa.

Sepertinya sih kecenderungan perempuan Indonesia saat ini lebih menjadikan Korea Selatan sebagai "kiblat". Buktinya, begitu banyak permintaan produk asal Korea di beberapa e-commerce dan marketplace di Indonesia. Pokoknya, orang-orang kita semakin mudah saja mendapatkannya. Makanya banyak produk kecantikan dari negeri ginseng itu sampai menjadi tren di negara kita!

Saya pikir Korea memang lagi naik daun. Banyak drama Korea yang begitu hebatnya masuk ke Indonesia, penyanyi Korea yang sangat masuk ke anak-anak muda kita, termasuk kosmetik dari Korea yang juga menjadi tren.

"Jenis kulit perempuan Indonesia dan Korea sama yakni kulit Asia, memang perbedaan cuaca di kedua negara, namun tidak ada perbedaan mencolok untuk jenis kulit," kata President Director PTC Hur Young Soon, di Jakarta, Kamis (31/7/2020), saat menperkenalkan rangkaian produk kecantikannya yang berlabel "Skinua dan Day Skin" itu.

Kemarin itu, saya diajak kawan saya untuk "berkenalan" dengan produk itu. Meski saya bukan tipe perempuan yang suka beli-beli kosmetik dan bukan juga penggemar hal-hal yang berkaitan dengan Korea, saya memenuhi ajakannya itu. Siapa tahu saya mendapatkan "pencerahan" yang bisa membuat wajah saya ikutan cerah. Hahaha...

Bertempat di Lu'miere Pondok Indah -- kedai roti dan pastry milik keluarga artis Ashanty dan Anang yang baru pertama kalinya saya kunjungi, perempuan cantik asal Korea yang fasih berbahasa Indonesia itu pun menjelaskan rangkaian produk kecantikannya.

"Produk-produk ini cocok digunakan perempuan Indonesia," kata perempuan yang jika saat berada di Indonesia itu kerap disapa "Ayu". Wajahnya memang ayu, kalah ayu dengan saya. Ya jelas bedalah. Mana wajah yang terawat dan mana yang tidak. Hahaha...

PT Prime Trade Center (PTC), sebagai salah satu unit usaha kosmetik, membawa produk-produk skincare terbaiknya itu untuk bisa masuk ke Indonesia. Produk-produk skincare asal Korea ini yang biasa digunakan oleh perempuan Korea di sana, jelasnya.

"Kami datang dan menyasar ke Indonesia karena banyaknya permintaan dan potensi pasar yang menjanjikan. Kami berupaya untuk mengakomodasi berbagai permintaan akan produk-produk kosmetik dan tren yang saat ini sedang diminati," tambahnya lagi.

Dikatakan, PTC mengembangkan produk-produk skincare yang didukung oleh perusahaan-perusahaan manufaktur unggulan di Korea dan dijual dengan harga terjangkau. Produk-produk PTC telah mendapatkan pengakuan dari Garuda Inflight sebagai produk kosmetik asal mancanegara dengan taraf internasional yang dapat dipercaya dan terbukti.

"Saat ini, PTC bekerjasama dengan keluarga A6 untuk mengembangkan produk skincare dan make up tersebut. Kedua produk ini memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit serta sangat cocok dengan kebutuhan kulit wanita Indonesia. Ashanty begitu cocok dengan produk ini," ujarnya.

Apa saja produk-produknya? Ada masker yang terbuat dari bahan alami yang memiliki daya rekat sangat baik dan menenangkan dengan esensi yang sangat terkonsentrasi. Berfungsi untuk membantu melawan keriput dan penuaan kulit.

Ada juga masker yang digunakan untuk daerah sekitar mata yang terbuat dari bahan alami yang mampu merevitalisasi dan menghembuskan energi ke daerah sekitar mata. Katanya berfungsi untuk membantu menghilangkan kerutan di daerah sekitar mata. Belum lagi masker wajah yang dapat digunakan sehari-hari, yang berfungsi untuk merevitalisasi pelindung kulit dan dapat melembabkan secara intens.

Selain produk perawatan wajah, ada juga produk perawatan rambut dan make up. Ah pokoknya lengkap deh. Saya sampai bingung untuk mencatatnya. Mungkin karena saya tidak terbiasa "merawat kecantikan diri" (bahasanya terlalu keren ya?). Maklum saja, saya tidak punya lipstik, tidak punya bedak, dan "kawan-kawannya" itu. Wajah saya benaran polos.

Bagaimana dengan yang lain? Cenderung ke sana atau ke sini? Kalau dipikir-pikir sebenarnya tren kosmetika kita juga tidak kalah hebat kok. Apalagi bahan-bahannya berasal dari kekayaan hayati Indonesia, yang kemungkinan besar tidak ada di negara lain.

Karena saya jarang banget pakai kosmetik, jadi saya sih posisinya "netral". Tidak ke sana, tidak ke sini. Tidak ke kanan, tidak ke kiri. Tidak perempuan banget ya. Kalaupun saya berkesempatan mendapatkan produk itu untuk dicoba, tapi saya tidak pernah memakainya. Saya lebih sering berikan ke teman-teman buat hadiah atau saya berikan ke guru anak-anak saya. Jadi, biarkan saja mereka yang menjajalnya 😁

VIDEO PILIHAN