Mohon tunggu...
Nengah  Yudiawan
Nengah Yudiawan Mohon Tunggu... FEB UNMAS DENPASAR

Senang Dengan Hal-Hal Yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Corona Terhadap Perekonomian Indonesia

26 Maret 2020   11:30 Diperbarui: 26 Maret 2020   11:36 56 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Corona Terhadap Perekonomian Indonesia
kompas.com

Oleh : I Nengah Yudiawan Prodi Akuntansi

FEB Unmas Denpasar

Wabah virus Corona memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara global. Tidak dapat dipungkiri, Indonesia juga tak lepas dari wabah yang disebut dengan Covid-19 ini.

Dari awal perkembangan virus ini di Cina dan menyebar ke berbagai negara di dunia salah satunya negara Indonesia, hal ini menyebabkan lambatnya perkembangan perekonomian Indonesia. Dampak yang pertama dirasakan yaitu pada sektor pariwisata seperti Bali yang merupakan destinasi wisata dunia, hal ini di tandai dengan turunnya kunjungan wisatawan yang menyebabkan menurunnya pendapatan masyarakat yang berprofesi di sektor pariwisata bahkan banyak karyawan hotel yang di rumahkan. 

Tidak hanya itu system perdagangan di Indonesia sangat terganggu baik itu Ekspor maupun Impor dimana Cina merupakan salah satu mitra perdagangan Indonesia dan banyak juga negara yang menerapkan kebijakan Lockdown sehingga sulitnya akses keluar masuk nya barang maupun wisatawan. Akibat perkembangan virus ini harga saham menjadi turun drastis dan melemah nya nilai tukar Rupiah. Banyak dampak yang ditimbulkan dari perkembangan virus ini yang juga membuat perekonomian masyarakat sulit bergerak dan menimbulkan kepanikan dari masyarakat terutama mereka yang bekerja sebagai Buruh dan bekerja di sektor swasta yang khawatir mereka kehilangan pekerjaan dan terjadi nya penciutan karyawan hingga PHK pada perusahaan swasta akibat dari melambat nya pertumbuhan ekonomi yang terjadi akibat dari perkembangan virus ini.

VIDEO PILIHAN