Mohon tunggu...
Neneng Junita
Neneng Junita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Alquran dan Tafsir

ِبِسْمِ اللّٰهِ الرَّحٍمٰنِ الرَّحِيْم

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pengaruh Media Sosial dalam Membentuk Personal Branding

28 Januari 2023   20:17 Diperbarui: 28 Januari 2023   20:20 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh CovidCare

                            Oleh: Neneng Junita

Perkembangan dari teknologi dan informasi yang melaju sangat pesat, mempunyai pengaruh besar terhadap situasi dan kondisi kehidupan kita pada saat sekarang ini. Para penguna teknologi seperti komputer, smartphone, ataupun tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Karena hal tersebut, berbanding lurus dengan kebutuhan jaringan internet bagi para penggunanya. Banyak hal yang bisa dilakukan dan media sosial merupakan salah satu fitur yang sering digunakan. Dewasa ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.  Media sosial itu mempunyai pengaruh  yang begitu besar didalam kehidupan kita saat ini.

Ada banyak hal-hal yang bisa dilakukan dengan media sosial dan itu semua tergantung bagaimana seseorang dalam mempergunakannya. Orang yang pintar akan menggunakan dan menafaatkannya untuk kemudahan belajar, mengirim tugas, berbisnis, mencari informasi dan yang lainnya. Dan orang yang tidak bisa memanfaatkan media sosial dengan baik hanya akan menghasilkan suatu hal yang tidak bermanfaat bahkan  bisa berdampak buruk terhadap dirinya dan orang lain. Tidak bisa kita pungkiri, saat ini hampir semua orang mempunyai media sosial, entah itu Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook, dan lain sebagainya. Tak jarang mereka membuat konten-konten dimana banyak orang yang bisa menonton konten tersebut, entah itu isinya pengetahuan atau edukasi, dakwah, atau hanya sekedar untuk hiburan saja.

 Jika kita lihat, media sosial mempunyai fungsi dan juga manfaat, diantaranya:

1. Sebagai sarana  interaksi sosial dan media komunikasi

Interaksi sosial merupakan hubungan sosial antara individu dan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dengn kelompok. Dengan adanya media sosial, para penggunaya bisa dengan mudah untuk berinteraksi dengan yang lainnya secara online, juga media sosial bisa digunakan sebagai media komunikasi dan juga tempat untuk membangun relasi antar pengguna.  Walaupun jarak nya jauh namun media sosial mempunyai jangkauan global. Seperti bisa  untuk menyapa kaum kerabat, atau bisa juga untuk membicarakan suatu pekerjaan, bahkan bisa sebagai sarana untuk menyampaikan rasa rindu kepada yang terkasih dengan menggunakan aplikasi chating tertentu.

2. Membentuk  Personal Branding

Personal Branding merupakan suatu proses atau aktivitas dari seseorang untuk menampilkan citra dirinya kepada orang lain, dimana tujuannya adalah untuk mengenalkan ataupun mempromosikan diri. Personal branding adalah proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri dari seseorang.

Berbicara soal personal branding, bisa kita lihat diera digital pada saat ini, personal branding menjadi sesuatu yang unik dan juga mampu untuk memberikan keuntungan lebih baik bagi mereka yang berhasil menjalankan personal brandingnya dengan sangat baik. Dan media soial mempunyai pengaruh dalam membentuk personal branding sesorang. Entah itu dari segi manfaat ataupun dampak dari media sosial tersebut.  Dari segi manfaatnya, manfaat yang dapat diambil jika personal branding yang dilakukan di media sosial berhasil adalah pertama, kita bisa menunjukkan perbedaan diri kita dengan orang lain. Kedua, munculnya kredibilitas yang membuat diri kita mendapat pengakuan di bidang keahlian yang kita miliki. Ketiga, menjadi bukti eksistensi diri kita di media sosial, dan keempat yaitu membantu kita untuk dapat memperluas jaringan koneksi kita dengan orang lain.

Sehingga pada akhirnya dengan personal branding melalui media sosial kita mampu untuk menunjukkan kelebihan atau kemampuan dengan lebih mudah dan luas jangkauannya. Contoh dari pemanfaatan media sosial dalam membentuk ataupun sebagai wadah dalam mem-branding diri ialah dengan munculnya istilah selebgram, youtuber, tiktokers, maupun lainnya. Istilah tersebut merupakan hasil dari personal branding yang dilakukan secara terus-menerus di media sosial dengan cara mengunakan strategi dan konten yang telah direncanakan dengan baik dan matang sesuai dengan citra apa yang ingin ditampilkan oleh pembuat konten tersebut. Dalam pembuatan konten untuk mempromosikan diri,  banyak cara yang digunakan oleh para kreator.  Salah satu aplikasi yang digunakan contohnya adalah tiktok. Dimana para pengguna atau pembuat konten bisa melakukan apa saja untuk membentuk personal branding mereka. Seperti  membuat konten Edukasi,  A day In My Life, Kata-kata Isami, Konten lirik-lirik lagu galau, bahkan ada juga dengan joget pargoy, Mandi lumpur, dan lain sebagainya.

Jika melihat dari fenomena tersebut, setiap para pengguna media sosial pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan ruang agar bisa mempromosikan diri mereka. Personal branding pada dasarnya juga mampu untuk menunjukkan perbedaan karakter kita dengan oran lain, bahkan personal branding mampu membuat kita menjadi lebih menarik dibandingkan dengan yang lainnya. Hanya saja, banyak juga yang mengangap personal branding dimedia sosial tidaklah penting. karena selain manfaatnya, media sosial juga memilki dampak buruk terhadap pembentukan personal branding seseorang jika orang tersebut tidak menggunakan media sosial nya dengan baik. Dikarenakan, Para pembuat konten terkadang tidak sadar bahwa mereka juga memiliki lingkungan dimana terdapat banyak pengguna media sosial yang lain yang secara tidak langsung juga ikut menilai dan mengamati.  Pada tahun 2020 yang lalu saja, menurut data We Are Social ada sekitar 160 juta pengguna aktif  menggunakan media sosial di indonesia dan sekarang sudah 2023, tentunya semakin banyak yang menggunakan media sosial karena teknologi semakin berkembang pesat tiap tahunnya.

Maka dari itu, jika seseorang tidak bisa menggunakan media sosial dengan baik dalam personal brandingnya, maka akan mengakibatkan dampak buruk terhadap dirinya sendiri. Jadi, para pengguna media sosial mesti memahami betapa pentingnya personal branding dalam kehidupan dunia maya karena tak jarang para penggunanya secara tak sadar bisa membuat citra mereka buruk, seperti kata lain terkena hujatan netizen karena suatu konten yang mereka lakukan.

Oleh karena itu, kesadaran untuk melakukan personal branding di media sosial harus digunakan dengan sangat baik dan bijak oleh para penggunanya. Entah itu dalam membuat sebuah konten tentang pribadi ataupun suatu konten yang bersifat informatif. Karena, apabila kita salah dalam menampilkan personal branding kita di media sosial, maka impresi yang akan dihasilkan juga salah. Sehingga penilaian orang lain pun terhadap kita juga akan salah. Dibalik itu, Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan dalam memanfaatkan media sosial untuk membentuk personal branding yang baik, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat konten yang baik dan benar

Konten yang baik dan benar, adalah konten yang berisi manfaat bagi para viewersnya. tidak berisi hal yang senonoh atau bersifat edukasi maupun untuk menghibur parapengguna media sosial yang lain. Dengan membuat sebuah konten, maka bisa membuat personal branding seseorang.

2. Menggunakan etika yang baik

Bagi pengguna media sosial yang memilki followers, maka dalam membuat sebuah konten gunakanlah etika yang baik yang bisa menjadi contoh bagi orang yang melihat konten tersebut, karena hal itu akan menghasilkan sebuah citra yang baik bagi kita.

3. Berinteraksi sosial dengan para pengikut  (followers) dimedia sosial

Dalam sebuah aplikasi tertentu, biasanya bisa dgunakan untuk live, yaitu sebuah fitur untuk bisa bebicara langsung secara online, maka ketika akan menyapa atau berinteraksi gunakanlah percakapan yang baik dan bermanfaat bagi para pengikut atau followers.

Jadi, Itulah beberapa cara yang bisa digunakan dalam memanfaatkan media sosial untuk personal branding, maka kesimpulannya adalah manfaatkanlah media sosial untuk personal branding dengan cara baik dan benar agar apa yang ditampilkan bermanfaat bagi untuk diri sendiri dan orang lain. Karena media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan personal barnding seseorang, entah itu menghasilkan personal branding yang baik atau sebaliknya tergantung dari para pengguna media sosial tersebut. Maka jadilah seorang pengguna media sosial yang bijak agar personal branding yang dihasilkan itu adalah personal branding yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun