Mohon tunggu...
Neneng Hasanah
Neneng Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI

April 1998

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kesalahan Dalam Mendidik Anak

15 Mei 2021   22:10 Diperbarui: 15 Mei 2021   22:14 154 2 1 Mohon Tunggu...

Mendidik seorang anak adalah suatu bentuk pekerjaan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Dalam prakteknya, dalam mendidik anak tidak sedikit orang tua yang melakukan kesalahan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang tua dan para pendidik dalam mendidik anak.

1. Perbuatan orang tua atau pendidik tidak sesuai dengan ucapannya

kesalahan tersebut adalah kesalahan terpenting, karena seorang anak akan belajar dari orang tua atau pendidik, akan tetapi yang diucapkan oleh orang tua atau pendidik ternyata bertantangan dengan apa yang telah diajarkannya.

2. Kurang mengurus anak karena sibuk

kesalahan yang banyak terjadi di masyarakat kita adalah kesibukan para ibu dari peran utamanya yaitu mengurus anak-anak dann memperhatikan pendidikan anak. Terkadang karena kesibukannya di luar rumah seperti bekerja sehingga tidak dapat menangani langsung urusan anak, lalu menyerahkan tugasnya mendidik anak kepada pengasuh.

hal ini sangat berpengaruh terhadap kejiwaan seorang anak karena ia akan merasakan kurangnya kasih sayang seorang ibu. Dan biasanya pengasuh hanya mengurus bukan mendidik atau memperhatikan dengan tulus tumbuh kembang anak tersebut.

3. Terlalu obral janji 

janganlah selalu menjanjikann untuk memberi hadiah setiap anak melakukan sesuatu, tetapi tidak apa jika memberikan motivasi pada anak untuk melakukan suatu tugas dengan sukarela. dampak jika terlalu obral janji dikhawatirkan anak tidak bisa mengerjakann sesuatu hal dengan tulus.

4. Menghina, meremehkan dan membeda-bedakan dalam berinteraksi dengan anak

bentuk penghinaan sangat beragam, di antarannya dengan celaan atas kekurangan yang di miliki si anak, baik fisik ataupun kurangnya kemampuan prestasi belajarnya. tanpa disadari, masih banyak orang tua atau pendidik yang selalu menyudutkan si anak saat melakukan kesalahan, dan mereka dengan mudahnya meletakan gelar buruk yang sulit dilupakan oleh anak tersebuut sampai ia beranjak dewasa. 

5. Tidak melibatkan anak dalam menetapkan peraturan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN