Mohon tunggu...
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD Mohon Tunggu... Programmer - Groups KKN

Turi putih... turi putih... ditandung ning KEBONAGUNG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UM Desa Kebonagung 2021: Rumah Baca "Pelangi" Upaya Untuk Meningkatkan LIterasi Masyarakat

19 Juli 2021   22:20 Diperbarui: 19 Juli 2021   22:25 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UM Desa Kebonagung 2021: Rumah Baca "Pelangi" Upaya Untuk Meningkatkan LIterasi Masyarakat
Pembukaan Rumah Baca Pelangi

Kamis, 15 Juli 2021 Mahasiswa KKN UM desa Kebonagung meresmikan Rumah Baca di desa Kebonagung, Kec. Mejayan, Kab. Madiun sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Kegiatan literasi yang biasa dilakukan di sekolah, perpustakaan, dan tempat-tempat yang dirasa nyaman untuk membaca, tetapi pada saat ini tempat – tempat untuk kegiatan literasi menjadi sedikit terhalang akibat pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum kunjung membaik. Dengan pengadaan rumah baca yang mudah diakses oleh warga desa Kebonagung, diharapkan dapat menjadi pusat literasi yang aman dan nyaman di tengah pandemi saat ini.

Mahasiswa KKN UM Desa Kebonagung 2021 sedikit merombak salah satu ruangan yang ada di posko KKN UM Desa Kebonagung 2021 dengan menambahkan fungsi sebagai Rumah Baca. Salah satu ruangan di posko KKN yang difungsikan untuk rumah baca setiap hari terbuka untuk warga bagi yang ingin berkunjung untuk membaca buku yang sudah disediakan.  Anak-anak sekolah dan warga Desa Kebonagung lainnya juga dapat memanfaatkan Rumah Baca ini untuk belajar dan menambah pengetahuan dengan membaca bermacam-macam buku yang disediakan.

Buku-buku yang disediakan di Rumah Baca ini didapatkan dari berbagai donasi, mulai dari teman – teman anggota KKN UM Desa Kebonagung dan juga dari masyarakat kota dan kabupaten di Madiun. Buku – buku yang sudah disediakan juga dibedakan menjadi beberapa kategori buku. Kategori pertama yaitu buku bersifat pengetahuan, yang sasaran utamanya untuk anak sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Buku bersifat pengetahuan tersebut seperti berupa buku pembelajaran, kamus, RPAL/RPUL, dan lain-lain. Kategori kedua yaitu buku bersifat umum, misalnya buku panduan berlalu lintas, buku panduan budi daya hewan ternak, dan lain-lain. Kategori ketiga yaitu buku bersifat keagamaan, misalnya buku agama Islam, sifat – sifat nabi dan rosul, Asmaul Husna, Buku Injil, Hindu – Budha, dan lain - lain. Kategori keempat yaitu buku bersifat hiburan, seperti cerita rakyat, komik, dan novel.

Mahasiswa KKN UM Desa Kebonagung 2021 menempatkan meja rak buku yang sudah tersedia sebagai tempat penyimpanan buku-buku tersebut, sehingga dapat memudahkan pengunjung Rumah Baca untuk menemukan berbagai buku yang disediakan sesuai kategori ataupun genrenya. Selain itu, memberikan meja rak buku sebagai tempat penyimpanan buku dapat menjadikan Rumah Baca menjadi terlihat rapi dan tertata agar pengunjung merasa nyaman ketika membaca buku.

Sebagai salah satu Program Kerja Mahasiswa KKN UM Desa Kebonagung 2021, diharapkan Rumah Baca ini dapat bermanfaat bagi warga Desa Kebonagung. Diharapkan warga Desa Kebonagung senantiasa merawat dan menjaga keberadaan Rumah Baca ini supaya kegiatan di Rumah Baca berjalan dan warga Desa Kebonagung tetap aktif berkunjung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan