Mohon tunggu...
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD Mohon Tunggu... Programmer - Groups KKN

Turi putih... turi putih... ditandung ning KEBONAGUNG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Ajak Anak-Anak Menanam Pohon dan Tanaman Hias Guna Memperindah Wisata Grojokan Londo

18 Juli 2021   23:30 Diperbarui: 19 Juli 2021   20:22 120 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Ajak Anak-Anak Menanam Pohon dan Tanaman Hias Guna Memperindah Wisata Grojokan Londo
Penanaman pohon mahasiswa KKN UM  bersama anak-anak

Grojokan Londo merupakan tempat wisata yang berupa sungai kecil yang mengalir ke bawah dengan pemandangan sawah terasiring dan pegunungan yang terletak di desa Kebonagung,Kecamatan Mejayan,Kabupaten Madiun yang menjadi salah satu destinasi wisata baru yang layak dikunjungi wisatawan.

Penanaman pohon di sekitar wisata Grojokan Londo ditujukan untuk memperindah lingkungan wisata. Sekelompok mahasiswa program KKN Pulang Kampung Kabupaten Madiun dari Universitas Negeri Malang di desa Kebonagung menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan tanaman hias di Kawasan wisata Grojokan Londo pada (Sabtu, 26 Juni 2021). Penanaman pohon ini melibatkan karang taruna dan anak-anak kecil. Tujuan dari teman-teman KKN Universitas Negeri Malang mengajak anak-anak kecil adalah untuk menanamkan rasa cinta kepada lingkungan yang dimulai sejak dini.

Proses Pemilahan Tananam Hias
Proses Pemilahan Tananam Hias

Lebih lanjut Flariska Ernanda selaku Penanggung jawab dari Program Kerja Penanaman pohon dan tanaman hias menjelaskan, kegiatan menanam pohon bertujuan untuk mengajari cara menanam pohon yang benar, sekaligus memberikan pengetahuan tentang pentingnya menanam pohon. "Kita berharap anak-anak dididik untuk mengetahui fungsi dan manfaat dari penanaman pohon, sehingga tertanam dalam diri mereka untuk selalu melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar mereka,"jelasnya.

Flariska Ernanda juga menambahkan bahwa tujuan dari pembuatan program kerja ini adalah sebagai rasa tanggung jawab sosial dari teman-teman KKN Universitas Negeri Malang terhadap lingkungan Wisata Grojokan Londo yang telah dikembangkangkan teman-teman KKN bersama dengan warga desa Kebonagung.

Sementara itu, menurut Prima selaku perwakilan dari Karang Taruna desa Kebonagung menyampaikan, kawasan wisata Grojokan Londo terlalu gersang sehingga perlu dilakukan penanaman pohon dan tanaman hias untuk memperindah Kawasan wisata Grojokan Londo. "Kegiatan penananam ini tentu merupakan salah satu upaya untuk memperindah lingkungan Grojokan Londo. Disisi lain kami juga berharap dari kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat pengetahuan melestarikan lingkungan bagi anak-anak yang ikut kegiatan,"Jelasnya.

Jenis pohon yang dipilih yaitu pohon tabebuya dan pucuk merah. Untuk jenis tanaman hias yang dipilih yaitu Bunga Zinia (matahari liar),Bunga Krokot, dan cemara angin. Alasan pemilihan tanaman-tanaman tersebut karena tanaman tersebut merupakan tanaman tahan panas serta perawatannya yang mudah jika ditanam pada lingkungan yang lapang dan terbuka seperti di Kawasan wisata Grojokan Londo.

Penanaman Tananam hias bersama anak-anak
Penanaman Tananam hias bersama anak-anak

Gerakan penanaman pohon dan tumbuhan hias ini merupakan salah satu bagian dari upaya mahasiswa dan pemerintah desa untuk menyelaraskan kegiatan pengembangan wisata Grojokan Londo dan sebagai sarana berbagi ilmu tentang pentingnya merawat lingkungan dan menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada anak-anak sejak dari dini.

Kegiatan penanam pohon dan tanaman hias ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada kelestarian lingkungan,mengurangi pemanasan global,meningkatkan serapan air, dan tentunya adalah memperindah daerah sekitar wisata Grojokan Londo agar terliihat tetap asri dan menjaga udara sekitar yang dihirup agar tetap bersih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan