Mohon tunggu...
Nenden Farhatunnisa
Nenden Farhatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

4 Oktober 2022   06:26 Diperbarui: 4 Oktober 2022   06:29 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Semua anak harus mempunyai pendidikan yang sama dan tidak melihat dari sisi ekonomi, keluarga, ras, ataupun fisik. Pendidikan sangat amat penting untuk semua anak karena bukan hanya sebagai sumber pengetahuan, pendidikan juga menunjukan mana yang baik dan mana yang buruk, belajar sopan santun, Budi pekerti, bersosialisasi dan masih banyak manfaat pendidikan untuk anak. 

Bahwasanya kita semua diciptakan sama, semuanya manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing - masing, baik dengan anak yang diberikan Tuhan kelebihan atau anak istemewa, mereka berhak mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak seusianya.

Pendidikan inklusi merupakan sebuah pendidikan dimana anak berkebutuhan khusus dapat belajar di sekolah umum yang ada di lingkungan sekolah yang dilengkapi dengan layanan pendukung serta pendidikan yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak tersebut. 

Pentingnya pendidikan inklusi bagi ABK dapat memberikan peluang dan memberikan kesempatan untuk anak - anak yang berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan yang sama tanpa adanya diskriminatif. 

Pendidikan inklusif ini sangat cocok untuk hal adaptasi anak, sehingga mudah saling bersosialisasi dengan keanekaragaman dalam sekolah inklusi. Pendidikan inklusi ini dapat memberikan pemahaman kepada anak non ABK untuk selalu bersyukur, dapat menerima, memahami antara perbedaan yang ada dan juga belajar untuk bersikap, bertoleransi terhadap ABK.

Pendidikan inklusi penting bagi anak-anak yang diberikan keistimewaan dari Tuhan. Program - Program di sekolah inklusi bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan belajar maupun pengembangan dirinya serta menyiapkan anak berkebutuhan khusus untuk tumbuh terampil dalam kehidupan sebagai bagian dari kebutuhan, selain itu peserta didik dapat lebih mandiri, kreatif, dapat menerima perbedaan, beradaptasi, dan aktif berinteraksi kepada pendidik. 

Tidak hanya itu manfaat sekolah inklusi bagi anak berkebutuhan khusus ialah mendapatkan hak dan kewajiban yang sama, berbagai fasilitas untuk belajar dan mengembangkan diri, dorongan untuk lebih percaya diri, juga kesempatan untuk belajar dan menjalin persahabatan bersama dengan teman sebaya.

Sekolah inklusi bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak berkebutuhan khusus agar mendapatkan kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan berkembang dengan baik, terlepas dari keterbatasan yang mereka miliki. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun