Mohon tunggu...
Nelson Augustone
Nelson Augustone Mohon Tunggu... Musician

Nama saya Nelson.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Perkembangan Infrastruktur International di Era 4.0

12 Desember 2019   19:57 Diperbarui: 12 Desember 2019   20:13 18 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini dunia telah masuk pada era yang dinamakan era revolusi industri 4.0 dimana segala sesuatu sudah berevolusi menjadi digital di segala bidang. Termasuk Indonesia dalam segala bidang perlu untuk berkembang dan mengikuti perubahan era ini. Apabila tidak dapat mengikuti perubahan yang begitu cepat, maka negara dalam segala bidang baik dibidang ekonomi,politik dan ilmu sipil akan tertinggal. Oleh karena itu sebagai masyarakat yang hidup dan akan bekerja pada era ini dengan segala percepatan perubahan era ini, kita harus mempelajari dan harus dapat mengikuti perkembangan ini.

Oleh karena itu dengan bertajuk pada perkembangan infrastruktur pada era 4.0, artikel ini akan membahas materi mengenai pentingnya untuk berkembang pada jaman sekarang ini jika tidak mau tertinggal. Ada beberapa contoh produk ataupun layanan yang tertinggal oleh karena tidak dapat mengikuti era perkembangan seperti pada bidang teknologi telekomunikasi seperti nokia. Pada era kejayaan nokia, mereka tidak dapat membendung cepatnya perkembangan teknologi sehingga sekarang mereka sangat tertinggal dibanding produk saingannya.

Sebagai contoh, negara-negara maju sudah menerapkan smart city ataupun teknologi yang menerapakan sistem "smart" yang terintegrasi. Sebagai contoh di Australia sudah diterapkan kendaraan tanpa pengemudi pada jalanan yang sudah terintegrasi dengan sensor-sensor sehingga secara teoritis jauh lebih aman daripada dikendarai oleh manusia. Metode-metode dalam pengerjaan suatu infrastruktur atau bangunan juga harus mengikuti perkembangan era 4.0 ini agar dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat dalam proses pembangunannya. Sebagai contoh di negara Tiongkok dapat melakukan pembangunan gedung bertingkat dengan waktu yang sangat singkat bahkan tidak masuk akal dengan teknologi-teknologinya.

Oleh karena itu agar tidak tertinggal dengan hal-hal seperti di atas, kita yang sudah mengetahui tentang era 4.0 dalam hubungannya dengan pembangunan infrastruktur sebaiknya mengikuti perkembangan hal ini dengan pikiran terbuka dan mau menggali informasi-informasi yang tepat mengenai teknologi-teknologi ataupun hal-hal pengembangan diri yang terkait dengan pembangunan di era 4.0 ini.



VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x