Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perjuangan Kemerdekaan #17AgustusMasihdiRumahSaja

11 Agustus 2020   13:29 Diperbarui: 11 Agustus 2020   13:48 44 1 0 Mohon Tunggu...

Kita tahu bahwa sejarah itu di tulis oleh pihak yang berkepentingan. Sehingga dalam persepektif kita hari kemerdekaan itu 17 agustus 1945 dalam kacamata bangsa indonesia dan kepentingan bangsa indonesia. Disini kita coba bahas persepektif orang barat termasuk belanda mengenai kemerdekaan indonesia.

Kita mulai dari restorasi meiji jepang pada tahun 1869, mereka berfikir agar jepang menjadi negara industri agar tidak lagi di injak - injak oleh bangsa asing. Pada waktu itu ketika sebagian besar negara asia berfikir untuk terlepas dari penjajahan, jepang sudah berfikir bagaimana caranya untuk menjajah.

"Kita bangsa jepang sebagai keturunan Amaterasu Nobikami jangan sampai kita di jajah bangsa asing"

Mulai lah mereka melakukan modernisasi.

Untuk menjadi negara modern atau industri itu cara nya harus menjajah, karena negara industri sangat butuh sekali dengan sumberdaya. Jepang tidak mempunyai cukup sumber daya alam dan populasi nya sedikit sehingga jepang membulatkan tekad nya untuk melakukan penjajahan.

Sejak awal tahun 1900 an jepang mulai melakukan kampanye militer dan mengumpulkan informasi negara - negara yang bisa mereka jajah.

Jepang : "korea mayan nih"
              : "Hora... Hora ... China nih orang nya banyak banget"
              : "Liat nih indonesia sugeeehhh kimochi banget"

Indonesia mempunyai seluruh sumberdaya untuk memodernisasi negaranya dari mulai hasil perkebunan, barang tambang dan sebagai nya dengan jumlah yang sangat banyak.

Dalam buku "Cold War Shadow" indonesia menjadi pemasok 33% kebutuhan karet amerika, 10% timah, 80% minyak kelapa sawit dan 90% kina. Persentase ini menjadi lebih besar lagi bagi negara - negara sekutu amerika di eropa.

Jepang mulai mengirimkan mata - mata nya ke indonesia termasuk menawarkan saja kepada belanda untuk membantu membuat jalan raya padahal semua itu jepang sengaja buat untuk melancarkan serangan pada belanda kelak.

Tahun 1927 jepang keputusan jepang sudah bulat menjajah indonesia dan dia tahu konsekuensi nya adalah

1. dia harus melewati dan melawan rusia
2. melewati dan melawan china dan inggris yang ada di dalam nya
3. vietnam yang dulu di kuasai francis yang kemudian vietnam di rebut pro nazi disini jepang jadi sohib jerman
4. harus mengalahkan amerika di filiphina
5. mengalahkan inggris di malaysia
6. Mengalahkan belanda di indonesia

Belum sampai disini karena mereka tahu jika sudah merebut negara - negara ini kekuatan eropa akan berkumpul di satu titik yang kemudian diketahui australia menjadi tempat berkumpulnya kekuatan eropa.

Jadi untuk menguasai indonesia jepang harus bekerja keras untuk melawan banyak sekali kekuatan yang ada di sekeliling nya.

Hakko Ichiu ( delapan penjuru dunia di bawah satu atap ) adalah selogan persaudaraan universal untuk membuat kawasan kemakmuran bersama asia timur raya pada waktu itu.

Jepang negara yang di siplin dan benar saja pada 1939 mereka benar - benar menteror asia pasifik, termasuk pearl harbour dan filipina dalam beberapa hentakan yang mengejutkan dunia.

Belanda membuat ABDACOM (amerika, british, deutchland, australia) seluruh angkatan perang mereka di satukan benteng nya di indonesia. Tetapi pada waktu kontak militer terjadi jepang dengan mudah mengalahkan mereka ibarat jepang adalah bola bowling besar sedangkan tentara ABDACOM adalah pin nya dan dalam waktu singkat jepang bisa menguasai indonesia.

Pada saat jepang datang ke indonesia pemerintahan hindia belanda pada waktu itu sudah di pindahkan satu tahun sebelumnya ke australia dan membentuk NICA april 1944 sebagai rencana cadangan. Jadi hanya kekuatan militer belanda yang melawan di indonesia dan kalah

Jepang : "oi.. lu kalah lu tanda tangan serahin indonesia"
Militer belanda : "gua mau tanda tangan cuman ini bukan penyerahan kekuasaan ini gue nyerah sebagai militer pemerintah kita ada di australia"

Dala  konteks indonesia jepang memang menguasai indonesia tapi menurut belanda dan "hukum" internasional indonesia masih sah milik belanda karena mereka belum menyerah belum ada hitam diatas putih penyerahan kekuasaan dan ada perjanjian di tahun 1944 antara Van mugh dengan MC arthur bahwa

1. Belanda akan memerintah di australia
2. Jika kita kalah kekuasaan akan di berikan kepada sekutu

Soekarno senang dengan situasi seperti ini dia mulai melakukan kolaborasi dengan jepang bahasa kasar nya menjilat jepang kimochi lebih halus nya kooperatif dengan jepang ikeh.

Bung karno dalam hati

"Ngelawan belande aje kagak kelar - kelar apalagi ngelawan jepun nyang demen nya nyincang orang, dari pade ngir
im rakyat kite buat di bunuh gue akalin aja dikit - dikit kite ambil kemerdekaan dari nipong"

Jepang itu sama dengan jerman sangat kuat tetapi kekuatan nya sangat terbatas cakra nya mudah habis karena penduduk nya sedikit dan negara nya kecil. Pada waktu itu jepang dan jerman harus menghadapi 23 negara dengan populasi dan sumber daya nya juga besar. Makanya jepang kuat di awal tapi di ronde kedua jepang sangat terlihat tak berdaya tahun 1944 jepang tidak bisa apa - apa ketika di bombardir dan membiarkan sekaligus memfasilitasi orang indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaan.

Jepang : "gua bantu bikin BPUPKi"
Indonesia : "kita rubah jadi PPki aja"

Soekarno dan Hatta di jadikan sebagai presiden dan wakil presiden tapi ini titik tekan nya ketika 17 agustus 1945 indonesia memproklamirkan kemerdekaan nya, dunia malah mengabaikan nya karena syarat merdeka adalah

1. Harus memiliki wilayah
2. Harus memiliki rakyat
3. Harus memiliki pemerintahan
4. Harus di akui negara - negara lain (de jure)

Pada waktu itu indonesia masih di anggap sebagai hindia belanda dengan rakyat hindia belanda dan pemerintahan hindia belanda adapun di buat pemerintahan sehari setelah proklamasi, negara lain pun tidak mengakui walaupun ada mesir dan negara liga arab lain mengakui kemerdekaan indonesia itu juga baru 2 tahun kemudian jadi proklamasi 1945 itu di lakukan secara sepihak.

Belanda itu sah menduduki indonesia karena menaklukan kerajaan yang ada di indonesia beserta bukti tertulis nya kemudian ada jepang menduduki indonesia karena menghabisi tentara belanda dan ada hitam di atas putih walaupun hanya militer nya saja, lalu jepang di kalahkan sekutu mereka menyerah ada bukti hitam di atas putih, ketika indonesia memproklamirkan diri maka itu di pertanyakan,

Belanda : "emang lu ngelawan siapa kok maen merdeka merdeka aja"

Ingat ini perspektif belanda penulis hanya meluangkan waktu di masa new normal.

Ditambah sukarno dan hatta itu diketahui bangsa eropa sebagai kolaborator jepang yang di kenal sebagai negara fasis. Negara - negara di dunia pada waktu itu trauma dengan fasisme karena di perang dunia ke dua tumbal nya sekitar 60 juta orang yang menyebabkan kemunculan fasie itu sendiri.

Negara eropa khawatir indonesia menjadi negara fasis kedua setelah jepang dan isu ini juga menjadi bagian besar kebijakan luar negeri indonesia dengan membantah nya.

Dalam benak bangsa eropa

 "jepang kan kalah 14 agustus 1945, indonesia proklamasi 17 agustus 1945 jangan - jangan persiapan nya udah dari jauh hari pas masih mereka di jajah jepang"

"Jepang membantu pembentukan BPUPki maka indonesia sengaja di bentuk jepang
Yang di angkat jadi presiden dan wakil nya soekarno sama hatta
Kalo gitu indonesia pasti negara fasis jangan di akui"

Silogismenya seperti ini.

Pada bulan yang sama belanda datang dengan tentara sekutu NiCA karena memang ada kesepakatan sebelum nya antara van mugh dan MC arthur di tahun 1944.

Kabar baik bagi indonesia karena pada waktu itu memang sudah jenuh dalam penjajahan, semangat mereka sudah terpupuk untuk merdeka, nasionalisme timbul atas dasar penderitaan bersama. Ketika sekutu datang awal nya di sambut baik tapi pada akhir nya di sambut sinis.

Sekutu pada waktu itu berfikir orang indonesia tidak memiliki semangat nasionalisme melihat dari wilayah indonesia yang terpisah dalam bentuk pulau, suku nya berbeda beda, budaya nya berbeda beda, bahasa nya berbeda beda dan lain - lain dan ini terbantah dalam pertempuran 10 november di surabaya.

Jendral malabi tewas di surabaya padahal melihat di perang dunia saja tidak ada perwira inggris yang tewas dalam pertempuran, sedang kan di indonesia 2 jendral tewas, kurang mengerikan apa indonesia ini.

Inggris pun marah besar dan surabaya benar - benar di ultimatum bukan sekedar ancaman tapi sudah menyatakan untuk perang yang sesungguhnya, dan ini titik dimana pertempuran antara tentara sekutu VS masyarakat indonesia dengan segala kekurangan nya.

Inggris dan belanda tentu pengalaman berperang dan peralatan nya sangat mumpuni sekali untuk menghancurkan satu negara. Tank, kapal selam, kapal laut, pesawat tempur dan tentara terlatih, sedangkan indonesia dengan senjata se adanya, ada pemberian jepang kebanyakan belum tahu cara pakai nya, bambu runcing pun jadi, keris, belati, golok dan mayoritas tidak menggunakan alas kaki jangan kan rompi dan helm anti peluru.

Sekutu : " kalo orang indonesia ga nyerahin senjata sama orang yang bunuh malabi kita akan hancurkan surabaya"

Arek suroboyo : "Takbir.... Allohuakbar !!!!!! Gelut ampe Mateekk"

Memang pada waktu itu sekutu kalah jumlah 1 : 5 tetapi masyarakat surabaya pada waktu itu tidak di bekali apapun bahkan sebagian besar tidak pakai alas kaki jangan kan senjata.

"Jeritan, tangis, ledakan, desingan peluru mengalir bersama darah kenangan manis sekaligus pahit di surabaya"

Ada juga cerita unik di pertempuran ini, sekutu juga melibatkan tentara gurkha dan sebagian dari mereka adalah muslim jadi ketika mereka saling serang jadi begini

Gurkha : " Allohuakbar !!!!!!"
Arek suroboyo : "Allohuakbar juga !!!!!!"

Bahkan di beberapa kesempatan tentara Gurkha lengkap dengan senjata ikut solat di sebuah masjid berdampingan dengan tentara indonesia, kedua nya sama - sama tahu bahwa itu musuh nya.

Mental tentara Gurkha yang kebanyakan muslim hindu, budha terguncang ketika melihat orang surabaya berlari dengan bendera merah putih di tangan kanan nya dan bambu runcing di tangan kiri nya mereka tembaki tapi tetap orang surabaya terus berdatangan tidak gentar dengan peluru.

Dalam buku jejak revolusi inggris juga mengakui bahwa 600 - 1000 tentara gurkha membelot dan tidak mau memerangi masyarakat indonesia.

"Mereka muslim kami juga muslim, mereka mau merdeka kami juga mau merdeka (orang india) kenapa kita saling bunuh gua nyerah gua gak mau lagi jadi budak lo makan nih senjata lo sendiri"
Tentara Gurkha yang desersi / membelot

Bagaimana Nekat nya Arek Suroboyo Ini padahal senjata tidak seberapa akhir nya sekutu mundur di serahkan kembali ke belanda.

Sekutu : " nda (blanda) lu urus aja sendiri gua kagak mau lagi ikut campur urusan kelen"

Walaupun sekutu masih membantu di beberapa tempat tapi mereka sudah hampir tidak memiliki kepentingan apapun.

Setelah itu ada yang namanya perundingan linggar djati dan utusan dari indonesia adalah sutan sjahrir. Ada masalah disini, sutan sjahrir maju sebagai perdana mentri padahal dalam konstitusi uud 1945 menyebutkan tidak mungkin indonesia punya perdana mentri karena system indonesia presidensil. Tapi kenapa pada waktu itu sjahrir di angkat karena dia non kooperatif dia tidak mau di cap sebagai penjilat jepang seperti yang di lakukan soekarno dan hatta bahkan dia di vonis hukuman mati oleh jepang dan untung nya selamat karena diplomasi soekarno. Jadi ini menegaskan juga bahwa pada waktu itu kemerdekaan indonesia belum di akui

Sjahrir : "Noooo .... Noooo... Kita berhasil" seneng banget mukanya
Soekarno : "berhasil gimana bro"
Sjahrir : "kedaulatan kita di akui belanda'
Soekarno : "serius lho"
Sjahrir : "sumpah nooo... Sumatra, jawa, dikasih bonus madura"

Awal nya soekarno emang seneng tapi tiba - tiba

Soekarno : "serius bro?" Muka sepet
                   indonesia itu dari sabang ampe merauke kalo lu
                   Cuman dapetin tiga pulau ini doang ini mah
                    Bukan merdeka bro"
Sjahrir : "ya elah bro dari pada kagak sama sekali
               Gua keren dong"
Soekarno : "keren apaan lu di pecat"

Kemudian sjahrir di gantikan posisi nya oleh amir syaripudin

Soekarno : "mir tugas lu sekarang bijimane caranya supaya indonesia di akui seluruh nya bukan sepotong - sepotong"
Amir : "siap bos"

Belanda sedang kesal karena negara nya habis oleh Nazi dan sekarang jawa dan sumatra yang menjadi lumbung penghasilan nya lepas di perjanjian linggar jati. Tentaranya saja yang di indonesia 100 ribu orang dan harus di beri makan belum sipil dan senjata nya dan belanda juga marah dengan delegasi nya sama nasib nya seperti sjahrir dia juga di pecat.

Belanda : "kita agresi militer aja"

Menurut belanda ini semacam aksi polisional mereka menyerang wilayah yang kaya sumber daya yang ada di sebagian sumatra dan jawa barat.

Indonesia kaget dengan serangan mendadak ini dan memang indonesia kalah pada waktu itu sehingga pemerintahan harus di pindah ke jogja karena jakarta sudah jadi milik belanda.

"Halo - halo bandung ibu kota periangan
.....
Sudah lama BETA tidak berjumpa dengan nya
Sekarang menjadi lautan api mari bung rebut kembali"

Lagu ini di kumandangkan oleh tentara NICA yang di dalam nya ada orang timur bandung kan tidak kenal BETA Kenal nya Aing, urang, abdi, tapi lagu ini di kenal sebagai lagu nasional, masyarakat indonesia itu memang tidak pendendam dan sangat cinta damai.

Akhirnya Divisi siliwangi Hijarah ke jogjakarta.

Negara lain : "woi Blande lu kan lagi perjanjian damai sama indonesia kenapa lu nyerang?"
Belanda : "ya udah perundingan lagi"

Perundingan pun di lakukan di kapal renville (penjanjian Renville), dan sial nya perundingan yang di gawangi oleh amir syaripudin sebagai delegasi indonesia kalah.

"Wilayah indonesia yang di agresi adalah milik belanda"

Amir pulang laporan kepada soekarno dengan wajah pucat lesu

Amir : "kita kalah bos"

Sialnya lagi waktu itu indonesia juga di blokade ekonominya dari jalur darat, laut dan udara sumber daya juga di ambil lagi oleh belanda dan lebih sial nya lagi setelah amir di pecat dia malah mengumpulkan pasukan Hatta pun turun gunung menjadi perdana mentri.

Hatta : "gue yang maju aja sekarang jadi perdana mentri"

Ketika hatta naik dia langsung mengeluarkan kebijakan Re organisasi dan rasionalisasi terhadap kebijakan tentara. Menurut beliau dalam analisis nya kenapa kita kalah perang terus adalah karena belanda tentara nya profesional sedangkan indonesia tentara laskar. Dari pada membiayai tentara banyak dan tidak jelas lebih baik di sedikitkan tapi di efektif kan maka jumlah tentara pada waktu itu berkurang dari 1 juta menjadi 150 ribu orang 850 ribu orang di pecat karena tidak memiliki latar belakang militer.

Orang yang di pecat dari tentara ini kemudian berkumpul dengan amir syaripudin karena banyak dari mereka adalah sosialis dan komunis dan mereka akhir nya menciptakan pemberontakan pki di madiun 1948 di pimpin amir syaripudin dan Musso yang baru datang dari Soviet.

Mungkin amir mau balas dendam masalah pemecatan nya dan musso dengan ambisi negara komunis nya.

Pemberontakan ini membuat indonesia semakin kacau divisi siliwangi yang baru datang ke jawa tengah langsung di suruh menghabisi pemberontak meskipun lelah mereka tetap setia pada perintah.

Pada waktu itu amerika dan soviet sedang perang dingin dan amerika pun panik mendengar Komunis tumbuh di indonesia karena mereka tau soviet mencoba mengkomuniskan dunia jika semua sudah jadi komunis amerika tidak punya teman lagi.

Amerika dalam benak nya

"China sudah komunis, laos, kamboja, vietnam, myanmar, masa sekarang indonesia jadi komunis juga pokok nya jangan sampai PKI berhasil"

Ketika komunis berhasil di gagal kan amerika pun bernafas lega

Amerika : "untung aja ga jadi"

Mulai saat itu amarika pun bermanuver mendukung kemerdekaan indonesia disini lah belanda menyadari indonesia sedang lemah dan melakukan agresi militernya.

Ini ke cerdikan sukarno ketika hendak di tangkap dia mengirimkan telegram ke bukit tinggi menjadikan sjafruddin prawiranegara sebagai presiden dan ketika soekarno di tangkap belanda

Soekarno : "lu gagal nangkep pemimpin indonesia"

Belanda : "awas lu liat aja entar, gua cuman bentaran doang buat nangkep sjafrudin prawiranegara sama jendral soedirman sebagai militernya kalo dua orang ini udah selesai lu juga bakal gua abisin"

Ternyata belanda salah besar karena jendral soedirman adalah perwira militer yang benar - benar "jenius".

Indonesia jika perang dengan belanda tidak pernah menang kecuali di pimpin oleh jendral soedirman langsung, perang ambarawa kita menang karena yang memimpin langsung soedirman.

Dalam pencarian belanda banyak sekali cerita mistis yang melingkupi nya kenapa soedirman tidak pernah tertangkap. Padahal soedirman sendiri sudah menyiapkan seluruh tentara di sekeliling jogjakarta. Jadi ketika belanda terpecah karena mencari sudirman tiba tiba sekita jam 06.00 pagi 1 maret belanda bangun tidur sikat gigi kemudian ada geranat lewat dan takbir pun menggema di jogjakarta.

Serangan dadakan datang dari sekeliling jogja ke tengah - tengah belanda pun habis dalam sekali serangan. Sementara itu di corong radio ada yang bicara.

"Jika belanda ngaku - ngaku sudah menduduki indonesia itu bohong kami Tentara masih menduduki Jogjakarta"

Selesai berbicara di radio Tentara pun kembali berpencar dan sembunyi maka ketika bala bantuan belanda tiba di jogjakarta mereka tidak menemukan siapa - siapa.

Karena siaran radio ini terdengar ke seluruh dunia belanda pun di bully oleh dunia

Negara lain : " oi blanda kata lu udah abis ini masih ada orang nya kemaren lu boong ye lu kate indonesia begini lah begitu lah"

Amerika : "lu itu udah ngelanggar dua kali perjanjian, renville kan di depan muka gua apalagi"

Muncul lag perundingan lain yang di kenal dengan meja bundar juga di untungkan oleh Hatta konseptor ulung yang tidak pernah kalah debat dan benar saja belanda kalah dalam perdebatan ini.

Maka indonesia dinyatakan merdeka dengan bukti perlawanan dan hitam di atas putih juga di akui negara lain itu pada tanggal 27 desember 1949 ini yang menurut dunia resmi indonesia merdeka.

Belanda baru mau mengakui kemerdekaan indonesia 17 agustus 1945 pada tahun 2005 karena keputusan politis bukan historis.

Ini perspektif barat beserta catatan sejarahnya.








VIDEO PILIHAN