Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jangan Merasa Sedih Ketika Ditanya "Kapan Nikah?"

1 Agustus 2020   13:04 Diperbarui: 1 Agustus 2020   13:04 76 1 0 Mohon Tunggu...

Masyarakat indonesia adalah masyarakat yang paling takut dengan konflik khusus nya sunda dan jawa, salah satu ciri orang yang tidak suka berkonflik adalah "Basa Basi Busuk". Ada orang keluar,

"Eh mau kemana"
"Mampir dulu"
giliran di samperin ke rumah nya malah di tanya ada apa ya mas?   Kan tadi ibu yang suruh mampir.

"Gini bu"
Dengan muka senyum spongebob sambil ngelus lutut
"Mau pinjam uang"

Padahal tidak penting juga untuk kita tahu orang itu mau kemana, kenapa basa basi ini bisa terjadi biasanya kareba takut dianggap sombong/ga enak, sangat luar biasa cinta damai sekali masyarakat indonesia ini bukan.

Termasuk pertanyaan "kapan nikah?" Dan "insya alloh" karena kita ini masyarakat yang penuh dengan kepedulian, cinta damai sangat takut terhadap konflik.

Ilmuan jerman juga mengatakan otak dan mental menjadi lebih sehat dengan basa basi ini ada kajian sosial nya ada rumusan psikologi sosial silahkan cari sendiri jurnal nya saya lupa.

Biasanya yang suka bertanya kapan nikah adalah ibu - ibu karena mereka adalah makhluk paling care sedunia. Ibu - ibu jika bergosip tidak bicara masalah pemerintahan, soal kerusakan lingkungan yang parah, soal sains dan tekhnologi atau tentang bagaimana manusia hidup di planet Uranus misalkan, mereka hanya bahas hal - hal sederhana,

"Ih si ibu itu mendadak kaya"
"Aduh si ibu itu udah naik haji"
"Saya Tadi malem gini loh bun........*#*##*#@*#@"

Termasuk ada orang di usia nya belum juga nikah bukan karena apa - apa melainkan karena care saja. Ibu - ibu bisa di bilang menjaga keharmonisan tatanan masyarakat dengan cara seperti ini.

Jika ada yang kuliah nya jurusan sosiologi pasti tahu hal baik mengenai gosip yaitu cara masyarakat agar menghindari penyimpangan sosial yang berlebih (lebay). Misal secara hukum formal seorang gadis pulang malam - malam dengan pria yang berbeda itu tidak masalah karena suka sama suka, tapi element masyarakat guna memberikan pengertian si gadis agar lebih berhati - hati atau paling tidak yang di lakukan gadis itu tidak menular dengan cara bergosip, secara alamiah ibu - ibu melakukan kontrol sosial ini.

Hal kecil yang di anggap ibu - ibu suatu penyimpangan misalkan karena dulu dia menikah di usia 20 tahun ketika melihat gadis usia 30 tahun belum menikah maka sigadis akan di tanya, tidak sampai di sini setelah menikah pun masih ada pertanyaan lain 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN