Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jejak Adam dari Timur Jauh hingga Nusantara

22 Juli 2020   14:55 Diperbarui: 22 Juli 2020   14:55 19 2 0 Mohon Tunggu...

Jejak Mas Adam dari Timur Tengah Hingga Nusantara
 
Beberapa waktu di kampus ada sekumpulan orang sedang asik ngobrol tentang siapa yang lebih dulu antara adam dan manusia purba. Saya dengar dalam perdebatannya sangat tendensius, karena hanya melibatkan adam sebagai perwakilan kepercayaan dan teori evolusi sebagai perwakilan kajian sains. Kenapa tidak di coba dengan teori lain seperti yang ada di hindu tentang manusia. Manusia adalah istilah yang hak ciptanya di miliki oleh hindu yang di ambil dari bahasa sangsekerta. MANU = spesies pertama atau bahasa garing nya manusia adalah keturunan MANU. Maksudnya jika kata manusianya sendiri di ambil dari agama hindu kenapa yang di benturkan selama ini hanya dari kristen, yahudi dan islam melawan sains. Tapi tulisan ini akan fokus pada siapakah adam.

Sebagian yang kita dengar dari perjanjian lama, baru dan al quran itu dibambil dari latar kebudayaan mesopotamia termasuk khusus nya adam dalam perjanjian lama. Jadi adam versi perjanjian lama itu turun/dilemparnya dari taman  eden jadi taman eden ini tempat dimana bertemunya 4 sungai gyhon, pyson, eferat dan tigris. Gihon pyson nya tidak di ketahui tapi eferat dan tigris sampai sekarang masih ada di iraq.

Pencarian pertama orang - orang kristen tentang eden ini di mulai di iraq selatan, quwait tempat bertemunya eferat dan tigris. Dijaman sekarang eferat dan tigris tidak bersatu mungkin jutaan tahun lalu sempat menjadi satu sebelum bermuara mengaliri lautan. Ada pendapat lain bahwa eden itu justru di bagian utara iraq di pegunungan taurus turki maksud nya pertemuan 4 sungai itu hulu nya bukan hilirnya.

Teori ini juga di perkuat karena si hulu sungai tigris itu wilayah nya pegunungan dan hijau. Jadi untuk ukuran timur tengah ini adalah wilayaj paling hijau sedangkan wilayah lain gurun, dan kebetulan di sana ada sebuah desa yang namanya gihon yang membuat asumsi desa ini dulunya adalah sungai gihon yang mengering dan jika semua itu benar maka adam muncul nya di sana. Dan kebetulan juga suku pedalaman di daerah ini ada sebuah ritual pemakaman yang unik, yaitu ketika kerabat nya meninggal, disimpan di peti mati dan jika yang mati punya pasangan, pasangan itu juga di tempatkan di tempat kan bersebelahan ketika meninggal di tengah nya di tempatkan ular yang sudah mati yang cerita nya identik dengan kisah adam dan hawa.

Inilah teori yang melatar belakangi bahwa adam itu berasal dari mesopotamia.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa adam itu berasal dari nusantara atau yang di sebut sundaland yang di gagas oleh stephen heimer. Teorinya muncul setelah dia meneliti bahasa, DNA, budaya dan poklor dia berkesimpulan bahwa manusia itu berasal dari nusantara yang sudah di tenggelamkan atau tenggelam yang sekarang ada di sekitaran pulau natuna. Dia melihat dari gambaran pulau eden yang penuh dengan buah buahan, hijau, rimbun dan banyak sungai mengalir kata jannah dalam islam itu artinya tersembunyi bisa di kaitkan juga dengan saking rimbunnya. Makanya menurut stephen letak eden itu di wilayah tropis tidak mungkin eden ada di timur tengah yang sebagian besar adalah gurun.

Bagai mana dengan eferat, tigris gihon  dan pyron dalam teori stephen ini, menurut dia penamaan nya hanya di sematkan karena kebetulan tempat nya ada dalam sejarah hal seperti ini sudah biasa dilakukan. Sama seperti gunung semeru, padahal itu dari india namanya semeru juga. Atau madura yang di ambil dari kata matura di ambil dari kisah krisna yang mempunyai wayah matura. Dan dilihat dari DNA manusia modern paling tua itu berasal dari natuna.

Masih dari stephen mengenai cerita banjir besar yang di seluruh agama dan seluruh aliran kepercayaan ada. Bahkan orang - orang yang tidak mengenal kepercayaan abrahamic itu juga punya ceriita tentang banjir besar dengan beragam versi. Dalam salah satu varian ceritanya menurut heimer banjir besar ini terjadi setelah zaman es berakhir, karena manusia hanya bisa hidup di wilayah tropis ketika zaman itu karena suhunya sangat dingin sekali jadi wilayah yang di luar katulistiwa itu suhunya sangat dingin sekali yang tidak memadai bagi kehidupan manusia pra aksara.

Pusat awal peradaban masih menurut heimer itu berasal dari natuna, dulu masih daratan setelah zaman es itu lautan naik ketinggian nya sehingga menenggelamkan sundaland dan orang - orang di natuna itu di tenggelamkan / tenggelam. Ini cerita banjir besar menurur pak heimer dan sedikit orang yang selamat itu menyebar ke belahan dunia lain.

Misal di mesir ada pyramid, di yukatan meksiko juga ada pyramid, di mesoporamia iraq ada pyramid walaupun dinamakan zygurat tetapi semua bangunan itu bersumber dari bangunan situs megalitik yang ada di nusantara yaitu punden berundak yang paling tua di nusantara. Situs gunung padang adalah punden berundak tertua didunia yang pernah di temukan di dunia di ketahui juga gunung padang ini di bangun sebelum zaman es berakhir. Artinya sebelum zaman es berakhir sudah ada orang - orang di indonesia yang kemudian menyebar setelah kejadian zaman es berakhir. Stephen juga mengklaim bahwa manusia di seluruh dunia adalah keturunan indonesia berdasarkan genetik / DNA dan poklor juga bahasa.

Di hindu karena akan terlalu panjang pembahasan nya di mulai swayambu manu sampai pembabakan jaman capek juga di tambah saya menulis di Gawai, yang jelas ada.

Kalau di hubungkan dengan islam mengenai dimanakah adam dan orang mana adam maka riwayat thobari di ceritakan bahwa adam itu turun nya di india. Yang di maksudkan india di sini bukan india yang sekarang di kenal di peta karena dulu india juga mencakup daratan indonesia. Makanya ada terori kata indonesia di ambil dari kata indianesia salah satu tafsiran nya adalah india yang berbentuk kepulauan.

Semua ini hanya hipotesis untuk membuka wawasan kita dan membuka alam pikiran kita bahwa kita tidak harus adam itu di situ disana. Ada juga teori yang menyatakan adam itu bukan satu tapi banyak setidak nya ada 4 orang adam teori multiple adam. Ada adam hitam ( austolopithecus ) ada adam putih ( cro magnon) ada adam coklat ( pithecantropus mojokertensis ) ada adam kuning ( homo pekinensis ). Teori ini adalah turunan dari teori evolusi theistic yang teori ini muncul karena kebingungan orang barat mengenai teori evolusi dan teori adam hawa kemudian mereka hubungkan satu sama lain jadi lah teori evolusi theistic ini. Bisa di sebut teori cocokoligi juga karena teori ini ngarang aja mereka buat sampai turunan nya ada multiple adam ini.

Di srilanka ada sebuah situs jejak kaki yang sangat besar yang letak nya di gunung. Jika di hubungkan dengan adam diturunkan di india, maka ini merupakan salah satu "buktinya" karena adam versi islam itu ukuran nya besar seperti gajah bahkan lebih. Kemudian dari srilanka ke india ada jembatan yang umurnya jutaan tahun meskipun dalam sains tidak mungkin bentuk jembatan seperti itu tapi masyarakat india juga menghubungkan dengan kepercayaan bahwa jembatan ini di bangun oleh sri rama ketika mau menyerang alenka yang sekarang sri lanka dibuat lah jembatan oleh para monyet. Sedangkan versi islam nya orang srilanka menyebutkan bahwa jembatan ini di buat oleh adam dari sri lanka untuk menemukan hawa.

Ini hanya hipotesis sekali lagi saya tekan kan bukan mengklaim mana benar mana salah. Saya jadikan ini semua sebagi pembuka wawasan dan membuat kita lebih terbuka dalam berfikir.

VIDEO PILIHAN