Mohon tunggu...
Sid noise
Sid noise Mohon Tunggu... Jangan Mau di Bungkam

Akun subsidi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mendidik Bangsa melalui Perbedaan Pendapat

5 Juli 2020   23:07 Diperbarui: 5 Juli 2020   23:05 372 3 0 Mohon Tunggu...

Tujuan dari apa yang di kemukakan ratusan sejarawan yang meneliti fakta yang sama, tempat yang sama, dan waktu yang sama tapi menghasilkan kesimpulan berbeda - beda.

Ini menunjukan bahwa peristiwa dalam satu sisi itu memang rumit, dan dalam sisi lain bukan hanya di kalangan akademisi saja, awam pun harusnya mereka sangat terbiasa dengan berbeda pendapat dan tidak harus menuduh penggagas satu teori itu dari kelompok mana. Tidak ada yang mutlak benar atau mutlak salah.

Tulisan ini sekali lagi bertujuan untuk membiasakan kita dengan adanya perbedaan, sehingga ke depannya tidak menimbulkan masalah baru yang menghambat perkembangan di indonesia.

Saya coba melalui beberapa teori G30s PKi sebagai pengantar karena sampai sekarang isu ini sering sekali gagal di pahami. Dalam teori yang akan saya perkenalkan disini titik fokus nya terhadap siapa dalang nya dalam beberapa versi yang di kemukakan oleh para ahli, dan siapakah mereka yang dituduh menjadi dalan peristiwa ini?

1. Inggris
Pada awal nya negara - negara barat mengakui kemerdekaan indonesia karena indonesia memerangi komunis. Seiring waktu indonesia malah menjadi semakin dekat dengan komunis khususnya setelah Hatta mundur (1956). 

Soekarno yang menjadi pemimpin tunggal pada waktu itu sangat idealis, dia menolak bantuan asing dan cenderung kiri , karena komunisme menolak nekolim. 

Inggris dan Amerika jelas nekolim maka indonesia jadi salah satu bahasan mereka. Ditambah pada waktu itu soekarno memutuskan mundur dari PBB dan lebih memilih mengkonfrontasi malaysia.

Inggris sangat tidak rela negara pesemakmuran nya ini di ganggu apalagi sampai bergabung dengan indonesia. Konfrontasi terhadap malaysia oleh soekarno ini yang menyebabkan inggris dan amerika sangat antusias untuk menggulingkan soekarno dan menghabisi komunis di indonesia. 

Melalui agen rahasianya Norman Reddeway inggris mempunyai rencana untuk mengisolir/menjauhkan soekarno dari pengaruh asing dan komunis dan membuat nama pki hancur dengan hanya satu kata yaitu "KEJAM". 

Perlu diketahui meski kontroversial pada waktu itu nama pki tidak jelek. Melalui propaganda ini dan bantuan ali moertopo juga soeharto peristiwa inilah yang membuat soekarno terisolir sampai meninggal. Dan norman juga menyebutkan bahwa ini adalah kudeta tersukses yang di lakukab pemerintah inggris di luar negeri.

2. PKI
Ini memang adalah teori yang di pegang pemerintah indonesia sampai sekarang. PKI digambarkan sebagai partai politik yang tidak nasionalis dan di benturkan dengan abri yang memang di bentuk untuk sangat nasionalis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x