Mohon tunggu...
Nelda Roza
Nelda Roza Mohon Tunggu... Guru - Sebagai guru di SMAN 2 Siakhulu Kampar Riau

saya lahir di Lundang sebuah desa di kecamatan IV angkat Kabupaten Agam Sumatera Barat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi mengikuti E-Training Guru melek IT (DOGMIT) Angkatan 6 tahun 2018

21 Agustus 2018   20:50 Diperbarui: 21 Agustus 2018   21:30 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Perkembangan IT pada zaman Now ini sangat mempengaruhi pola hidup seseorang, adakalanya IT dapat membawa dampak buruk bagi pengguna IT dan malah ada sebaliknya di mana dengan kemajuan IT seseorang dapat meraup keuntungan yang banyak. salah satu keuntungan Penggunaan IT pada bidang Pendidikan. 

Pada bidang pendidikan salah satunya perkembangan IT membawa dampak positif yang cukup besar diantaranya, dengan adanya perkembangan IT dapat membantu guru dan TU dalam proses administrasi di sekolah, selain itu IT dapat juga membantu guru dalam menerangkan materi pelajaran kepada siswa, awalnya siswa tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan IT, tapi akhir ini siswa  mulai bosan dengan metode mengajar guru, baik yang menggunakan IT atau tanpa IT, berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan saya secara langsung terhadap beberapa siswa, maka dapat saya ambil kesimpulan dari jawaban siswa diantaranya adalah kurang tertariknya siswa mengikuti pembelajaran karena mereka merasa bosan hanya mengikuti pembelajaran dimana guru mengunakan media pembelajaran berupa power point yang sangat sederhana, selain itu siswa merasa apa yang disampaikan oleh guru banyak hanya membaca slide saja sehingga siswa jadi bosan. 

shasil pengamatan saya saat siswa mengikuti pembelajaran masih banyak yang bercerita dengan temannya, menulis, main lempar pena, dan bahkan ada yang tertidur. setelah saya tanya apa sebabnya maka siswa bilang bosan menengok presentasinya karena tidak menarik. 

maka berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan tersebut saya sebagai tenaga pendidik merasa tertantang bagaimana saya dapat memanfaatkan IT ini untuk menarik perhatian siswa untuk belajar dengan antusia, maka saya mencari di mbah google tentang Diklat Online. Hasil yang saya dapat salah satunya adalah E-Training Guru Melek IT (Dogmit) ini, mulai dari awal saya mengikuti diklat online ini, akhirnya saya ketagihan untuk mengikutinya hampir setiap ada diklatnya saya ikuti walaupun harus bayar, saya rela mengeluarkan uang untuk diklat ini karena hasil yang saya dapat dari diklat ini sangat luar biasa.

setelah saya mengikuti diklat ini saya jadi salah satu guru yang ditunggu siswa dikelas karena menggunakan media yang menarik bagi siswa, kadang - kadang siswa selalu bertanya sama saya, kok ibu punya media pembelajaran yang berbeda dengan guru lain, lalu saya jawab saja bahwa saya ingin kalian semua tertarik dengan materi yang saya ajar, jangan lagi kalian takut untuk mempelajari fisika. 

itulah salah satu motivasi saya tertarik untuk mengikuti Pelatihan E-Training (Dogmit) ini, karna bagi kita sebagai guru merupakan suatu kebahagian jika apa yang kita berikan mereka dengan senang menerimanya dan kehadiran kita sangat dinantinya.

  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun