Mohon tunggu...
Nila Fauziyah
Nila Fauziyah Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

"Terkadang kita harus siap saat hasil mengkhianati kerja keras."

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Internet IndiHome sebagai Alat Tempur Freelancer

14 Juli 2022   23:21 Diperbarui: 14 Juli 2022   23:29 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Traveling ke Korea (2018)/Dok pribadi

Kalau kata orang tua zaman dulu, cari penghasilan itu nggak harus duduk di kursi goyang alias kerja kantoran. Menjadi pengusaha atau freelancer pun bisa mencukupi asalkan kita mau berusaha lebih ekstra. Karena sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa kita kerjakan tanpa keluar rumah. 

Apalagi di masa pandemi, di mana hampir semua orang mulai terlatih untuk aktif di media sosial atau online. Misalnya, seperti editor buku, penulis buku, blogger, admin, IT, pedagang, influencer, dll yang bisa dikerjakan di rumah alias hanya melalui laptop/handphone. 

Saya sendiri, seperti yang pernah dituliskan di postingan sebelumnya, punya usaha buket bunga yang marketingnya lebih banyak melalui online. Meski tidak bisa dipungkiri yang namanya usaha ada masa naik dan turun. 

Nah, kalau sedang turun, biasanya saya tidak langsung down, harus segera putar otak, cari inspirasi. Kalau buntu? Saya akan mencari pintu-pintu rezeki yang lain.

Salah satunya, sekarang saya lagi senang menjual koleksi foto perjalanan di beberapa website, berhubung dulu sebelum pandemi, saya termasuk orang yang hobby traveling ditambah suka memotret, jadilah koleksi foto banyak tersimpan di laptop. 

Daripada cuma jadi kenang-kenangan, lebih baik dijadikan cuan, iya nggak? Hanya saja, butuh proses yang agak ribet untuk bisa menjual ke situs-situs jual-beli foto. 

Pertama, harus buat akun dengan data lengkap, kemudian mulai upload foto dengan ukuran minimal 4 GB dan video dengan kualitas baik, serta beberapa persyaratan lain yang secara otomatis memakan waktu juga kuota internet.

Portofolio saya di salah satu situs jual beli foto/dok pribadi
Portofolio saya di salah satu situs jual beli foto/dok pribadi

Yap, kalau bekerja secara freelance pasti alat tempur utama adalah laptop dan internet. Itu sebabnya, kita harus memilih layanan internet secara bijak agar bisa mengambil manfaat internet dengan maksimal. Bukan hanya soal kuotanya yang besar, tingkat kestabilannya juga harus diperhatikan. Nggak mau kan, lagi enak-enak upload puluhan foto, tahu-tahu sinyal jelek dan upload gagal? Heh, nyebelin banget.

Maka dari itu, IndiHome menjadi pilihan tepat untuk saya selaku freelancer. Just info, IndiHome adalah layanan digital dari Telkom Indonesia yang memiliki fasilitas sangat lengkap lho, seperti:

  • Akses internet cepat (hingga 300 mbps);
  • Telepon rumah (bebas telepon hingga 1.000 menit);
  • TV Interaktif (memiliki berbagai fitur unggulan, seperti Playback, Pause, Rewind, TV Stronge,TV on Demand, Video on Demand, Karaoke, dan UseeTV GO).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun