Mohon tunggu...
Neil Pudjanegara
Neil Pudjanegara Mohon Tunggu... Lainnya - Murid

Murid

Selanjutnya

Tutup

Nature

Jumlah Tanaman di Lingkungan Komplek

19 Agustus 2020   13:32 Diperbarui: 19 Agustus 2020   13:42 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tanaman merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kelangsungan hidup binatang maupun manusia. Tanaman begitu penting karena memproduksi sekitar 50% oksigen di dunia, dengan 50% lainnya oleh fitoplankton. Tetapi, seiring perkembangan zaman, semakin banyak pohon-pohon dan hutan-hutan di dunia yang ditebang atau dibakar, dan perhatian manusia terhadap pentingnya tanaman semakin menurun.

Untuk menghadapi masalah ini, kita semua harus mengambil bagian, karena masalah ini merupakan suatu hal yang tidak bisa diselesaikan sendiri, tetapi harus diselesaikan bersama-sama. Oleh karena itu, kita bisa memulai mengambil bagian dari diri kita sendiri dan menetapkan diri sebagai contoh untuk orang lain. Sebagai langkah awal, kita bisa mulai dari lingkungan komplek kita.

Dari lingkungan rumah saya sendiri, menurut saya tumbuhannya sudah banyak. Saya memiliki 3 pohon yang besar, 3 pohon berukuran sedang, dan banyak tumbuhan kecil & tumbuhan hias lainnya. Kebanyakan tumbuhan saya terletak di teras depan rumah saya. Saya juga memiliki lahan tanaman kecil di samping garasi. Terakhir, ayah saya juga banyak memelihara tanaman kecil di dalam rumah yang Ia tanam dari bibit.

Selanjutnya, di lingkungan komplek saya. Menurut saya, jumlah tumbuhan di komplek saya juga cukup banyak. Terdapat 2 taman cukup besar yang berada di bagian kiri dan kanan komplek. Di dalam kedua taman ini terdapat bangunan berukuran sedang yang menjadi sumber listrik bagi seluruh komplek. Lalu, bangunan dan pagar taman juga dikelilingi oleh tanaman-tanaman kecil dan tanaman-tanaman hias yang beragam.

Terakhir, di rumah-rumah tetangga saya. Jumlah tumbuhan di rumah-rumah tetangga saya sangat bervariasi. Rumah-rumah hook dan rumah-rumah yang sudah cukup tua cenderung memiliki tumbuhan yang banyak. Sedangkan rumah-rumah yang sudah di renovasi menjadi lebih modern sangat jarang memiliki tumbuhan, kadang hanya memiliki 1-3 tanaman hias di dalam pot dan kadang tidak memiliki tumbuhan sama sekali. Menurut saya hal ini mencerminkan perhatian manusia yang semakin berkurang seiring perkembangan zaman.

Secara keseluruhan, jumlah tumbuhan di lingkungan komplek saya sudah cukup banyak. Tetapi, dengan semakin banyaknya rumah yang direnovasi menjadi desain yang lebih modern, semakin dikit tumbuhan yang terdapat di rumah-rumah tersebut. Sebaiknya para warga lebih memerhatikan pentingnya tumbuhan dan peran mereka yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Kegagalan untuk menyadari pentingnya tumbuhan dapat menuntun manusia ke masalah-masalah yang lebih besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun